Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Google Hangouts Meet untuk Rapat dari Rumah

KOMPAS.com - Untuk mencegah persebaran corona yang semakin meluas, tak sedikit perusahaan yang memberlakukan kebijakan work from home, atau bekerja dari rumah. 

Bekerja dari rumah, bukan berarti harus mengorbankan produktivitas. Kendati pertemuan tatap muka ditiadakan, ada cara lain untuk melakukan rapat guna membahas hal penting dari rumah masing-masing.

Cara yang paling mudah adalah dengan melakukan video conference. Ada sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk video conference, baik melalui perangkat komputer maupun smartphone.

Salah satu yang bisa digunakan adalah aplikasi Hangsout Meet. Aplikasi buatan Google ini sejatinya premium alias berbayar.

Namun, Google menggratiskan layanan ini hingga 1 Juli 2020 untuk membantu para pekerja yang bekerja dari rumah demi menghindari virus corona.

Tak hanya untuk menggelar rapat, Hangouts Meets juga bisa digunakan untuk pertemuan lain, seperti kegiatan belajar mengajar. 

"Karena semakin banyak karyawan, pendidik, dan siswa yang bekerja dari jarak jauh sebagai respons penyebaran virus COVID-19, kami ingin membantu mereka untuk tetap terkoneksi dan produktif," tulis Google dalam blog resminya, dirangkum KompasTekno dari Search Engine Journal, Selasa (17/3/2020).

Hangouts Meet ini bisa menampung hingga 250 peserta dalam satu telekonferesi. Siaran langsung telekonferensi bisa ditonton hingga 100.000 penonton dengan satu domain.

Cara memulai rapat menggunakan Hangouts Meet

Hangouts Meet terintegrasi dengan G Suite dan hanya pemilik akun G Suite saja yang bisa mengadakan rapat online di Hangouts Meet. G Suite pun menawarkan uji coba gratis selama 14 hari yang bisa diakses melalui tautan berikut.

Hangouts Meet bisa ditemukan di seksi menu (ikon titik berjumlah sembilan) di sebelah kiri foto profil Gmail yang terletak di pojok kanan atas. Bisa juga diakses melalui alamat https://meet.google.com/.

Rapat online bisa dilakukan melalui perangkat komputer maupun smartphone. Pengguna bisa memulai video conference melalui browser Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, atau Safari.

Atau bisa juga melalui ponsel dengan mengunduh aplikasi Hangouts Meet di Play Store dan App Store.

Sebelum memulai rapat, kamera dan mikrofon di desktop atau ponsel perlu dipastikan dalam keadaan aktif. Kualitas video juga bisa diatur, apakah ingin menggunakan resolusi tinggi atau standar.

Untuk memulai rapat, klik "start meeting". Pengguna juga bisa menambah peserta telekonferensi.

Caranya, bisa dengan mengirimkan tautan melalui e-mail atau mengundang dengan nomor ponsel jika ada. Pembuat rapat juga bisa menambahkan undangan rapat online melalui Google Calendar.

Apabila dia mengundang orang dalam rapat, maka Google Calendar akan membuat catatan di kalender orang yang diundang secara otomatis, lengkap dengan tautan undangan rapat online yang bisa langsung diakses.

Peserta rapat yang diundang, tidak memerlukan akun G Suite untuk bergabung. Mereka cukup mengklik tautan telekonferensi yang dibagikan melalui e-mail atau memasukan ID rapat.

Orang lain yang tidak diundang atau pengguna yang tidak memiliki akun G Suite, harus mendapatkan persetujuan dari peserta rapat lain jika ingin bergabung.

Selama telekonferensi, peserta juga bisa chatting untuk mengirimkan informasi atau materi lebih lengkap.

Tab chat dapat ditemukan di pojok kanan atas. Telekonferensi melalui Hangouts Meet ini juga bisa disimpan ke Google Drive. Hal ini memudahkan apabila ada pembahasan yang ingin dibicarakan kembali di rapat selanjutnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/17/16070037/cara-menggunakan-google-hangouts-meet-untuk-rapat-dari-rumah

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.