Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kerja dari Rumah, Pelanggan 3 Banyak Buka WhatsApp dan YouTube

KOMPAS.com - Operator telekomunikasi Hutchison Tri Indonesia mulai mencatat lonjakan trafik layanan data sejak Senin (16/3/2020), tepatnya hari pertama saat diberlakukannya kebijakan work from home (WFH).

Lonjakan trafik data itu diklaim Tri meningkat sebesar 15 hingga 20 persen, dibandingkan dengan hari yang sama pada pekan sebelumnya. Sementara trafik layanan konvensional seperti voice call meningkat hingga 5-10 persen.

Beberapa aplikasi yang berkontribusi dalam peningkatan data antara lain aplikasi WhatsApp, YouTube, Facebook, dan game Mobile Legend.

"Seperti yang kita tahu, WhatsApp bisa digunakan untuk melakukan conference call dan video call oleh mereka yang bekerja dari rumah," ujar Wakil Presiden Direktur Tri Indonesia, Danny Buldansyah dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (18/3/2020).

Tri mencatat bahwa rata-rata penggunaan data untuk melakukan video call yaitu dilakukan selama 30 - 60 menit, Google Hangouts 3 MB, Zoom sebesar 90 MB, dan Webex 750MB.

Menurut data yang disampaikan oleh Tri, lonjakan lalu-lintas data terjadi antara pukul 06:00 hingga 12:00.

Tri juga akan terus memantau pergerakan lonjakan trafik internet ini, akibat kebijakan bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah yang disarankan oleh pemerintah.

Dengan mulai diberlakukannya kebijakan work from home tersebut, Tri juga menawarkan paket internet yang dapat menunjang pengguna agar tetap bekerja dengan mudah.

Paket Unlimited AlwaysOn berlaku pada pukul 01:00-17:00 untuk semua aplikasi, termasuk Edmodo, Ruangguru, zenius, dan aplikasi-aplikasi lainnya yang juga dapat menunjang kondusivitas belajar dari rumah.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/18/14000027/kerja-dari-rumah-pelanggan-3-banyak-buka-whatsapp-dan-youtube

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke