Salin Artikel

Jumlah Penonton Twitch Melonjak karena "WFH"

Kesempatan ini nampaknya dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menghabiskan waktu dengan menonton layanan video streaming seperti Twitch.

Akibatnya, jumlah penonton platform video streaming ini mengalami peningkatan dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Jika dihitung sejak tanggal 11 Maret 2020 hingga 17 Maret 2020, jumlah penonton secara keseluruhan meningkat sebesar 14 persen.  

Menurut firma analis data e-sports, Stream Hatchet, jumlah penonton Twitch memang telah merangkak naik sejak November 2019 lalu. Namun peningkatan kali ini berbeda, karena persentasenya yang tinggi. 

Pada bulan Februari 2020 lalu, pertumbuhan jumlah penonton Twitch merangkak menuju 10 persen sejak November 2019. 

Namun, dengan adanya kebijakan work from home dan rekomendasi pemerintah di sejumlah negara untuk mengisolasi diri di rumah, hanya butuh waktu selama satu minggu (11 Maret 2020-17 Maret 2020) bagi Twitch untuk mencapai angka peningkatan penonton hingga 14 persen. 

Tahun lalu, besarnya angka penonton Twicth didorong oleh berbagai ajang turnamen e-sports yang ditayangkan melalui streaming. 

Namun kondisi saat ini berbeda di mana banyak turnamen bergengsi yang dibatalkan demi menghindari persebaran corona. 

Salah satunya yang terbaru adalah PUBG Mobile Pro League (PMPL) 2020 yang harus ditunda hingga tahun depan. 

Dirangkum KompasTekno dari dotesports, Rabu (18/3/2020), tahun ini, jumlah penonton terbanyak disumbangkan oleh para kreator konten game Call of Duty.

Summit1g merupakan salah satu streamer Twitch paling populer dengan total waktu tonton sebanyak 3,3 juta jam tayang.

Streamer ini juga sempat memimpin pada tahun lalu dengan memboyong game Grand Theft Auto (GTA) diangka 3,1 juta jam tayang.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/18/17140067/jumlah-penonton-twitch-melonjak-karena-wfh-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.