Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan DM Instagram Bakal Bisa Terhapus Sendiri?

Jane Manchun Wong, seorang spesialis reverse engineering, mengaku pertama kali menemukan fitur tersebut melalui kode berlabel "speak no evil" yang tersembunyi di baris kode Instagram.

Jane pun turut memperagakan fitur ini pada gambar bergerak yang ia unggah, melalui akun Twitter pribadinya.

Namun ketika ia kembali masuk ke layar yang sama, pesan yang sebelumnya telah terkirim kini telah hilang secara otomatis. Meski begitu, layar hitam tersebut masih meninggalkan jejak berupa tulisan "seen" yang terlihat jelas.

Tanggapan Facebook

Menanggapi hal tersebut, Facebook selaku pemilik Instagram, mengatakan bahwa fitur tersebut masih belum diuji coba secara publik.

"Fitur ini masih dalam tahap pengembangan awal dan belum diuji secara eksternal," tulis Facebook melalui akun Twitter resminya.

Sebenarnya fitur pesan yang menghilang secara otomatis ini telah lama hadir di Instagram. Bedanya, saat ini fitur tersebut hanya berlaku ketika pengguna mengirim foto atau video melalui Direct Message.

Saat ini terdapat pilihan “view once”, “allow replay” atau “keep in chat” saat pengguna mengirim foto atau video lewat DM.

Dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Sabtu (21/3/2020), selain Instagram, fitur pesan yang bisa menghilang ini (ephermal) juga sudah dimiliki di Snapchat.

Platform aplikasi berbagi video singkat tersebut sempat populer di masanya. Namun kini Instagram mengusik eksistensi Snapchat.

Menurut badan analisa Statista, saat ini Instagram memiliki 500 juta pengguna yang aktif mengunggah stories setiap harinya. Jumlah ini terlihat kontras dengan jumlah pengguna Snapchat yang hanya mencapai angka 218 juta secara keseluruhan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/21/11020097/pesan-dm-instagram-bakal-bisa-terhapus-sendiri-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke