Salin Artikel

Fitur Serba Pertama di Realme 6 dan Realme 6 Pro

KOMPAS.com - Realme baru saja meluncurkan jagoan terbarunya dari seri Realme series "angka" mereka, yaitu Realme 6 dan Realme 6 Pro, lewat sebuah acara peluncuran live streaming, Selasa (24/3/2020).

Di indonesia, harga Realme 6 dipasarkan dengan banderol Rp 3,4 juta (4 GB/128 GB) dan Rp 3,8 juta (8 GB/128 GB) dan bisa didapatkan di Lazada, Akulaku, dan Realme.com mulai 27 Maret.

Sementara Realme 6 Pro bisa didapatkan lebih awal, yakni 24 Maret, di Blibli dan Realme.com dengan harga Rp 4,5 juta (8 GB/128 GB).

Dengan banderol tersebut, kedua ponsel dibekali dengan sejumlah fitur yang hadir perdana di seri yang biasa disebut ponsel Realme "bernomor" itu, bahkan pertama di dunia. Apa saja?

Enam kamera

Alih-alih lima kamera seperti Realme series angka pada umumnya, Realme 6 Pro kini hadir dengan enam kamera yang terdiri dari empat kamera belakang dua kamera depan.

Keempat kamera belakang tersebut masing-masing beresolusi 64 MP, 8 MP, 2 MP, dan 2 MP untuk Realme 6, serta 64 MP, 12 MP, 8 MP, dan 2 MP untuk Realme 6 Pro.

Untuk di bagian depan, Realme 6 Pro sendiri dibekali kamera 16 MP dan 8 MP yang dimuat di dalam sebuah modul punch hole.

Adapun penggunaan lubang kamera tersebut juga merupakan fitur perdana di Realme series, peningkatan dari penggunaan kamera selfie di modul poni (notch) konvensional bergaya waterdrop.

"Kami menghadirkan in-display selfie camera untuk memberikan pengalaman yang lebih menarik secara visual bagi pengguna," tutur Marketing Director Realme Indonesia, Palson Yi, di panggung peluncuran. 

Modul punch hole ini juga digunakan oleh Realme 6 "reguler", namun jumlah kameranya hanya satu, alih-alih dua seperti versi "Pro", dengan resolusi 16 MP. 

Layar refresh rate 90 Hz

Fitur lainnya yang hadir pertama kali di Realme seri angka adalah layar dengan refresh rate 90 Hz.

Diketahui, layar dengan spesifikasi demikian biasanya mejeng di ponsel kelas atas, sebut saja Realme X2 Pro. Namun, Realme kini "berani" membawa standar tersebut ke seri ponsel kelas menengah.

"Untuk pertama kalinya kami menjadikan layar refresh rate 90 Hz sebagai standar dalam seri 'angka'", kata Palson. Baik Realme 6 (6,5 inci) dan Realme 6 Pro (6,6 inci) dibekali dengan layar LCD beresolusi Full HD Plus dengan spesifikasi refresh rate 90 Hz. 

Hanya saja, Realme 6 dibekali dengan pelapis anti-gores Gorilla Glass 3, sementara Realme 6 Pro sudah versi Gorilla Glass 5.

Chipset gaming

Selain kamera dan layar, aspek hardware juga turut hadir untuk melengkapi fitur serba pertama dari Realme series.

Salah satunnya adalah System-on-Chip (SoC) Snapdragon 720G yang debut pertama kali di Realme seri angka dan ponsel pertama di dunia yang mengusung chip demikian. 

"Realme 6 Pro menjadi smartphone dengan Snapdragon 720G pertama di dunia," klaim Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian di kesempatan yang sama.

Ada pula fitur pengisian cepat (Flash Charge) dengan daya 30 watt yang diklaim mampu mengisi daya ponsel dengan baterai 4.300 mAh dalam satu jam, dari kosong hingga penuh. 

Di Indonesia, Realme 6 hadir dengan varian warna Comet White dan Comet Blue. Ponsel tersebut dijual dengan harga Rp 3,4 juta (4 GB/128 GB) dan Rp 3,8 juta (8 GB/128 GB).

Realme 6 Pro sendiri tersedia dalam varian warna Lightning Blue dan Lightning Red. Harganya dipatok di angka Rp 4,5 juta (8 GB/128 GB).

Realme 6 mulai bisa dibeli pada tanggal 27 Maret secara online di Lazada, Akulaku, dan situs realme.com. Sementara Realme 6 Pro bisa didapatkan mulai 24 Maret di Blibli dan realme.com. Untuk pembelian offline di toko-toko retail dimulai pada 4 April 2020.

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/24/15010037/fitur-serba-pertama-di-realme-6-dan-realme-6-pro

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.