Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Membersihkan Laptop saat Bekerja dari Rumah

Hewlett Packard (HP) selaku salah satu pabrikan laptop pun berinisiatif membagikan tips untuk membersihkan perangkat komputer jinjing yang akan kita gunakan saat bekerja atau belajar dari rumah.

Ada beberapa langkah mudah dalam yang dijabarkan dalam keterangan tertulis yang dilayangkan oleh HP ke redaksi KompasTekno, Senin (30/3/2020). Selengkapnya sebagai berikut.

  • Sebelum mulai bersih-bersih, sebelumnya pastikan dulu laptop sudah dimatikan sepenuhnya. Cabut kabel listrik dari stop kontak dan baterai, apabila memungkinkan.

  • Gunakan cairan disinfektan yang disarankan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dengan kandungan akolhol 70 persen dan air 30 persen. Silakan merujuk pada manual atau instruksi pembuat perangkat untuk jenis cairan yang aman digunakan.

  • Gunakan kain microfiber untuk membersihkan perangkat dengan cairan disinfektan. Jangan tuang terlalu banyak agar tidak menetes dari kain. Sebaiknya gunakan sarung tangan sekali pakai ketika melakukan pembersihan.

  • Usapkan kain microfiber yang sudah dilembapkan dengan cairan disinfektan secara perlahan ke permukaan laptop. Jaga agar jangan sampai ada cairan menetes ke sela keyboard, panel layar, atau lubang konektor karena bisa menyebabkan kerusakan.

  • Ketika membersihkan layar, usapkan kain secara satu arah, dari bagian atas ke bawah.

  • Pastikan semua permukaan sudah benar-benar kering sebelum menyalakan perangkat kembali.

    Tips bekerja dari rumah dengan efektif

    Selain memperhatikan kebersihan perangkat, banyak orang yang kini bekerja dari rumah seiring dengan imbauan work from home demi menekan penyebaran virus corona. HP pun memiliki beberapa tips agar hal ini bisa dilakukan dengan efektif dan nyaman.

    • Atur ruang kerja Anda. Pilihlah salah satu ruangan di rumah sebagai area kerja. Lokasi tersebut sebaiknya mendapat sinar matahari cukup dan tidak terlalu sempit, serta memiliki sumber listrik atau stop kontak.

    • Tetapkan jadwal Anda. Bekerja dari rumah sering kali berujung molor karena berbagai gangguan. Penting untuk mengatur jam kerja agar tetap fokus selagi memperhatikan kapan waktu istrahat.

    • Sisihkan waktu untuk istirahat. Setelah menentukan jadwal kerja, tentukan pula kapan waktu istirahat. Gunakan sebagian waktu untuk makan siang, serta berbincang dengan teman atau kolega tentang topik ringan yang tak berkaitan dengan pekerjaan.

    • Jaga komunikasi dengan tim Anda. Tentukan ekspektasi dan peraturan dengan tim Anda untuk memastikan pekerjaan terselesaikan. Manfaatkan software kolaborasi jarak jauh serta atur notifikasi dengan baik agar Anda nyaman bekerja.

    • Tetaplah  bersikap positif dan bersosialisasi. Memiliki pola pikir positif akan membantu Anda dan tim menyesuaikan diri dengan cara baru dalam bekerja ini. Utamakan kesehatan dengan tidur cukup, berolah raga, serta makan teratur. 

https://tekno.kompas.com/read/2020/03/30/07050017/tips-membersihkan-laptop-saat-bekerja-dari-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke