Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ponsel 5G dengan Keyboard Fisik Meluncur, Harga Rp 14 Juta

KOMPAS.com - Masih ingat smartphone Nokia E7? Meski layarnya bisa disentuh (touchscreen), ponsel 3G yang diluncurkan pada 2010 silam itu turut dilengkapi dengan keyboard fisik (papan ketik) berjenis QWERTY.

Keyboard fisik tersebut disembunyikan di balik bodi yang menampung panel layar, serta bisa dimunculkan dengan cara menggesernya (slide).

Di tahun 2020 ini, ponsel dengan form factor semacam itu "hidup" kembali dengan spesifikasi yang lebih mumpuni.

Ialah Astro Slide 5G Transformer, smartphone 5G yang dibekali dengan keyboard fisik QWERTY, besutan perusahaan teknologi asal Inggris, Planet Computers.

Sebelumnya, Planet Computers sudah memiliki dua smartphone yang dilengkapi dengan papan ketik fisik, yakni Cosmo Communicator dan Gemini PDA. Namun, baru kali ini mereka menyematkan dukungan 5G di ponsel yang dibekali keyboard fisik.

Ponsel dengan layar berukuran 6,53 inci (resolusi Full HD Plus) itu dipersenjatai dengan SoC Mediatek Dimensity 1000.

Astro Slide 5G Transformer dibekali dengan RAM 6 GB, storage 128 GB, dan baterai 4.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat (wired) serta pengisian daya secara nirkabel (wireless). 

Pada aspek fotografi, smartphone ini mengandalkan sebuah kamera di depan dan belakang. Kamera belakang memiliki resolusi 48 MP sementara kamera depan hanya 5 MP.

Di segi software, Astro Slide 5G Transformer mengusung mekanisme multi-boot. Artinya,  ponsel ini bisa dipasang dengan lebih dari satu sistem operasi (OS) sekaligus.

Adapun OS utama yang telah berjalan di ponsel adalah Android 10, sementara OS lainnya bisa berjenis Linux dan dukungannya disebut akan dihadirkan di kemudian hari.

Fitur lainnya mencakup konektivitas NFC, WiFi 6, dua port USB Type-C, in-display fingerprint sensor, speaker stereo, dan audio jack 3,5 mm, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidCentral, Kamis (2/4/2020). 

Di pasar Eropa, Astro Slide 5G Transformer bakal dijual dengan harga 820 Euro (Rp 14,9 juta). Namun baru akan tersedia di pasaran pada Maret 2021 mendatang.

Menariknya, bagi peminat bisa memesan ponsel 5G ini di halaman crowdfunding dengan harga spesial, yakni mulai dari 490 Euro (sekitar Rp 8,9 juta).

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/02/08222377/ponsel-5g-dengan-keyboard-fisik-meluncur-harga-rp-14-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke