Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai Video Paket Data Telkomsel 30 GB Rp 10, Ini Faktanya

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Telkomsel menghadirkan paket internet CloudX yang dibanderol dengan harga yang sangat murah, yakni Rp 10. Paket dengan kuota internet 30 GB itu ditujukan khusus untuk penggunaan aplikasi CloudX. 

Meski demikian, tak sedikit konsumen yang menganggap bahwa kuota tersebut bisa digunakan untuk penggunaan internet reguler.

Bahkan, video tutorial untuk mendapatkan kuota 30 GB dengan biaya Rp 10 itu beredar di Twitter dan WhatsApp. Dalam video tersebut, tidak dijelaskan bahwa paket data 30 GB tersebut hanya berlaku untuk mengakses layanan CloudX Telkomsel.

Artinya, jika pengguna membeli kuota tersebut dan mereka memakainya untuk menonton YouTube atau mengakses beragam aplikasi media sosial, maka kuota internet yang akan terpakai adalah paket internet reguler atau paket lainnya yang terkait.

Adapun aplikasi CloudX menyediakan layanan teleconference untuk kebutuhan corporate dan education danmampu menampung hingga 100 orang dalam satu sesi.

Aplikasi CloudX sendiri bisa diunduh dan diakses di beragam platform, mencakup Android, iOS, Windows, serta MacOS. 

Selain paket CloudX, Telkomsel juga menyediakan paket internet lain untuk membantu pelanggannya menjalani kegiatan sehari-hari di rumah.

Beberapa di antaranya seperti paket Ilmupedia dan paket Ruangguru yang dibanderol dengan harga Rp 0 alias gratis. Kedua paket ini bisa dipakai untuk mengakses aplikasi dan layanan belajar yang sudah digandeng oleh Telkomsel.

Serupa dengan paket internet CloudX, kedua paket belajar online dengan kuota internet 30 GB dan masa aktif satu bulan (setelah diaktifkan) itu juga tidak bisa dipakai untuk penggunaan internet reguler.

Paket CloudX tidak bisa ditemukan

Kendati disebutkan bisa didapatkan hingga 18 April, pantauan KompasTekno, Jumat (3/4/2020), paket tersebut sudah tidak dipajang lagi di menu "Internet" pada aplikasi MyTelkomsel.

Kami pun mencoba untuk mengunjungi tautan "Tsel.me/meeting" yang diberikan pihak Telkomsel via SMS untuk mendapatkan promo tersebut. Alih-alih halaman paket CloudX, kami justru disodorkan dengan halaman yang mencantumkan informasi "Promo Tidak Ditemukan". 

Adapun situs Tsel.me/cloudx hanya menampilkan informasi terkait aplikasi CloudX saja, berikut kolom frequently asked questions (FAQ) tentang paket internet CloudX.

Ketika dikonfirmasi via WhatsApp, Jumat (3/4/2020), pihak Telkomsel mengatakan bahwa paket tersebut sedang "di-take-out" untuk sementara waktu, lantaran ada sedikit penyesuaian pada detail produk.

Tidak dijelaskan apa yang akan disesuaikan dan apa saja yang akan berubah dari detail paket sebelumnya.

Belum jelas pula apakah tawaran Rp 10 untuk paket internet CloudX akan berlaku tetap hingga 18 April atau justru akan diperpanjang masa promonya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/03/14595167/ramai-video-paket-data-telkomsel-30-gb-rp-10-ini-faktanya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke