Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

XL Masih Error, Pengguna Diminta Ubah Jaringan ke 3G

Sejumlah pengguna di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan sekitarnya mengeluh layanan internet yang hilang atau menunjukkan pesan "no service" di ponsel mereka.

Dari pantauan KompasTekno, pengguna XL Axiata masih membanjiri lini masa Twitter dengan keluhan serupa hingga Jumat (3/4/2020) sore.

Salah satunya adalah pengguna dengan akun Twitter @Muzakha yang mengaku harus beralih ke jaringan 3G atau 2G agar tetap terkoneksi.

Keluhan senada juga diungkap beberapa pengguna lainnya dengan me-mention beberapa akun resmi XL, seperti @myXLcare, @myXL, dan @XLAxiata.

Jawaban yang diterima pengguna berbeda-beda, meskipun keluhannya serupa, yakni koneksi yang melamban, terputus, hingga hilang.

Salah satu solusinya, pengguna diminta untuk mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) selama dua menit atau me-restart ponsel dan mengaktifkan mobile data kembali. Namun, ada pengguna yang gagal terkoneksi dengan cara ini.

Sejumlah pengguna dari wilayah lain juga mengeluhkan hal yang sama. Salah satunya oleh akun Twitter @kana0611_  yang melaporkan adanya gangguan di Solo, Jawa Tengah.

"@myXL hi ini kenapa yang tersedot malah pulsa saya sedangkan disini masih ada paket. Paket ini benar benar tidak bisa digunakan," tulisnya.

Laporan serupa juga diungkap akun Twitter @heriplusp.

"@myXL halo min, saya habis beli paket combo vip yg 20gb, nah pas internetan malah kesedot pulsa utama, sekarang pulsa utama udah habis dan malah ga bisa internetan, padahal kuota masih full," tulisnya.

Tanggapan XL

KompasTekno telah mengonfirmasi pihak XL Axiata atas kejadian ini. Pihak XL Axiata mengklaim bahwa masalah ini telah diselesaikan sejak Kamis (2/4/2020) malam.  

"Kemarin sempat terjadi gangguan teknis pada jaringan XL Axiata di sebagian area Jakarta, yang berdampak pada sebagian kecil pelanggan kami di area tersebut. Saat ini tim kami telah menanganinya, jaringan telah normal kembali sejak tadi malam," ungkap Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih kepada KompasTekno, Jumat sore.

Masalah ini cukup mengganggu pengguna, terutama untuk mereka yang bekerja dan belajar dari rumah, sesuai imbauan dari pemerintah demi mencegah penularan Covid-19.

Ini merupakan gangguan yang kedua dalam seminggu terakhir.

Sebelumnya, layanan XL juga dikeluhkan bermasalah pada Jumat (27/3/2020). Saat itu, pihak XL mengaku tidak ada masalah pada layanan jaringannya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/03/17253297/xl-masih-error-pengguna-diminta-ubah-jaringan-ke-3g

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke