Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Review Galaxy Buds Plus, Earphone TWS Terbaru dari Samsung

KOMPAS.com - Pada pertengahan Februari lalu, Samsung merilis lini ponsel flagship terbarunya yakni Galaxy S20 series dan Galaxy Z Flip. Selain ponsel, vendor asal Korea Selatan ini juga merilis earphone nirkabel terbaru, Galaxy Buds Plus.

Galaxy Buds Plus merupakan perangkat True Wireless Stereo (TWS), penerus dari Galaxy Buds generasi pertama yang dirilis tahun lalu dengan sejumlah peningkatan.

KompasTekno pun berkesempatan untuk mencoba earphone nirkabel ini selama beberapa pekan. Lantas bagaimana pengalaman kami saat mencoba Galaxy Buds Plus ini? Berikut review singkatnya.

Tampilan identik dengan generasi pertama

Desain yang diusung Galaxy Buds Plus serupa dengan Galaxy Buds generasi pertama. Di sisi samping kedua earphone terdapat touchpad yang berfungsi sebagai pengendali perangkat saat digunakan untuk mendengarkan musik.

Bobot earphone Galaxy Buds Plus masih ringan sehingga nyaman digunakan dalam jangka waktu yang lama. Ketika digunakan, Galaxy Buds Plus terasa pas dan nyaman di telinga. Tekstur eartips berbahan karet yang digunakan pada earphone ini cukup lembut.

Samsung juga tak lupa membekali Galaxy Buds Plus dengan sejumlah eartips yang memiliki ukuran berbeda-beda. Dengan demikian, pengguna bisa menyesuaikan eartips yang akan digunakan sesuai dengan ukuran lubang telinga.

Dengan bobot yang ringan dan eartips yang bisa disesuaikan dengan ukuran telinga, Galaxy Buds Pluspun tidak mudah lepas saat digunakan.

KompasTekno mencoba menggunakan Galaxy Buds Plus sambil beraktivitas, seperti jogging atau sekadar bepergian ke luar rumah.

Hasilnya, perangkat tetap terpasang di telinga tanpa bergeser. Kendati demikian, pengguna mesti hati-hati jika menggunakan perangkat ini saat berolahraga.

Sebab, ketika KompasTekno menggunakan Galaxy Buds Plus saat berolahraga dan terkena keringat, ada sedikit gangguan yang muncul, yaitu koneksi yang terputus-putus sesaat.

Tidak ada noise cancellation

Sama seperti Galaxy Buds generasi pertama, fitur yang absen pada Galaxy Buds Plus adalah noise cancellation.

Meski demikian ketika digunakan, Galaxy Buds Plus ini cukup kedap terhadap suara luar. Sehingga walaupun digunakan dalam keraemaian, suara di lingkungan sekitar dapat diredam dengan baik.

Alih-alih menghadirkan fitur noise cancellation, Galaxy Buds Plus justru membawa fitur Ambient Sound. Dengan fitur ini, pengguna tetap dapat mendengarkan suara dari lingkungan sekitar, tanpa mengurangi kualitas suara yang didengar lewat Galaxy Buds Plus.

Sensitivitas terhadap suara sekitar juga dapat diatur. Pengaturan tersebut dapat diakses melalui menu Ambient Sound di aplikasi Galaxy Wearable pada smartphone.

Ada beberapa level Ambient Sound yang bisa dipilih yaitu Low, Medium, dan High. Makin tinggi level Ambient Sound, makin besar suara dari lingkungan sekitar yang bisa terdengar.

Fitur ini dapat membuat pengguna tetap waspada dengan keadaan sekeliling meski beraktivitas sambil mendengarkan musik.

Kendali yang praktis

Sama seperti Galaxy Buds generasi pertama, Galaxy Buds Plus juga memiliki touchpad yang memiliki sejumlah fungsi kontrol untuk eartphone maupun pemutaran lagu.

Saat digunakan untuk mendengar musik, pengguna juga bisa memutar lagu berikutnya dengan cara mengetuk dua kali. Jika ingin memutar lagu sebelumnya, pengguna cukup mengetuk sebanyak tiga kali.

Apabila touchpad diketuk dan ditekan selama beberapa saat, ada beberapa opsi yang dapat dilakukan yaitu mengatur volume, perintah suara, hingga mengatur ambient sound.

Pengguna juga dapat mengatur notifikasi apa saja yang masuk ke Galaxy Buds Plus. Pengaturan tersebut bisa dilakukan melalui aplikasi Galaxy Wearable pada smartphone.

Kualitas Suara

Kami pun mencoba Galaxy Buds Plus untuk mendengarkan musik dari beberapa genre yang berbeda. Secara keseluruhan, Galaxy Buds Plus menghasilkan audio yang rinci dan seimbang.

Suaranya pun terdengar bersih dan jernih. Namun, jika Anda lebih suka dengan karakter suara dengan bass yang dominan, Anda harus mengaturnya melalui aplikasi Galaxy Wearable.

Ada beberapa equaliser yang bisa diatur, yakni normal, bast boost, soft, dynamic, clear, dan treble boost.

Baterai tahan lama

Salah satu hal yang patut diacungi jempol dari Galaxy Buds Plus adalah daya tahan baterai.

Saat diluncurkan pertengahan Februari lalu, Samsung mengklaim bahwa perangkat ini dapat bertahan selama lebih dari 10 jam. Kami pun mencoba membuktikan klaim tersebut.

KompasTekno menggunakan Galaxy Buds Plus sekitar 1,5 jam sampai 2 jam setiap hari untuk mendengarkan musik dan menonton film.

Hasilnya, baterai pada Galaxy Buds Plus ini habis setelah sekitar 6 hari setelah pemakaian dari baterai earphone dan casing yang penuh.

Seperti earphone lain sejenisnya, casing yang digunakan untuk menyimpan Galaxy Buds Plus memiliki baterai terintegrasi. Saat earphone disimpan di dalamnya, casing akan melakukan pengisian baterai secara otomatis.

Layakkah dibeli?

Di luar peredam noise yang absen itu, fitur-fiturnya cukup kaya dengan kualitas suara yang jernih dan rinci.

Dua hal yang layak menjadi pertimbangan dari Galaxy Buds Plus ini adalah fitur Ambient Sound yang membuat pengguna tetap waspada meski mendengar musik sambil beraktifitas, dan daya tahan baterai yang relatif lama.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/06/16050087/review-galaxy-buds-plus-earphone-tws-terbaru-dari-samsung

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke