Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Ungkap Wujud DualSense, "Controller" Baru untuk PS5

Sekilas, DualSense memiliki desain yang nampak serupa seperti controller Xbox X Series, dengan sudut-sudut yang lebih membulat pada tepian bodinya sehingga memberikan kesan ramping, meskipun Sony menambahkan beberapa komponen baru.

Controller PlayStation sebelumnya hanya berwarna tunggal, namun DualSense tampil beda dengan konsep duo-tone paduan hitam dan putih.

Light Bar yang tadinya diposisikan di bagian depan DualShock 4 berganti posisi ke sela-sela touchpad untuk memberikan kesan lebih mewah. Perbedaan lainnya, tombol "Share" kini diganti menjadi tombol "Create". Fungsinya masih belum dirinci secara mendetil oleh Sony.

"DualSense menandai perubahan radikal dari controller sebelumnya, untuk menunjukkan lompatan besar yang dilakukan melalui PS5," ujar President dan Sony Interactive Entertainment Jim Ryan di Blog PlayStation, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (8/4/2020).

Kata "Sense" dari DualSense mengacu pada tambahan fitur anyar macam haptic feedback untuk memberikan sensasi berbeda-beda lewat controller saat bermain game, misalnya getaran ketika mengendarai mobil melalui lumpur.

Tombol L2 dan R2 pada DualSense turut dibekali adaptive trigger sehingga pemain bisa merasakan sensasi feedback lebih kentara, seperti saat menarik busur sebelum melepaskan anak panah.

Controller PS5 ini juga hadir dengan microphone bawaan, sehingga pemain tak perlu repot- repot menggunakan headset untuk melakukan obrolan singkat dengan gamer lain. Untuk mengobrol dalam waktu lama, Sony tetap merekomendasikan headset.

Dalam pernyatan di Blog PlayStation, Ryan kembali menegaskan bahwa konsel PS5 sendiri akan diluncurkan pada musim liburan akhir tahun 2020. "Kami akan membagikan detil lebih lanjut mengenai desain PS5 dalam beberapa bulan ke depan," pungkasnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/08/13510077/sony-ungkap-wujud-dualsense-controller-baru-untuk-ps5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke