Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TikTok Sumbang Rp 5 Triliun untuk Atasi Covid-19, Rp 100 Miliar untuk Indonesia

Dana ini akan dibagi-bagi menjadi beberapa peruntukan. Pertama, bantuan tunai sebesar 250 juta dollar AS (sekitar Rp 3,9 triliun) untuk menunjang tugas para medis.

Kemudian, dana 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,5 triliun) digunakan untuk kredit iklan yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis kecil dan menengah yang terdampak pandemi Covid-19.

Lalu, dana 25 juta dollar AS (sekitar Rp 394 miliar) diperuntukan bagi LSM dan otoritas kesehatan untuk mengkomunikasikan informasi kesehatan kepada publik.

Indonesia pun turut menjadi negara yang mendapatkan donasi ini. Sebesar Rp 100 miliar donasi ini diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk membantu penyediaan alat medis yang dibutuhkan tenaga kesehatan di Tanah Air.

"Kami ingin mengambil bagian kecil dan mendukung Pemerintah Indonesia melalui bantuan uang tunai sebesar Rp 100 miliar untuk menyediakan peralatan medis bagi tenaga kesehatan,” kata Donny Eryastha, Kepala Kebijakan Publik TikTok Indonesia, Malaysia dan Filipina.

Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengapresiasi bantuan yang diberikan TikTok.

Bantuan ini akan digunakan untuk membeli dan mendistribusikan alat pelindung diri (APD) kepada semua tenaga kesehatan di seluruh Indonesia maupun kebutuhan lain yang berkaitan dengan kesejahteraan dan penunjang tugas tenaga medis.

"Bersama dengan pemerintah, pebisnis, organisasi nirlaba, dan rakyat Indonesia, kami berkomitmen untuk menawarkan cara terbaik yang dapat kami lakukan," kata Donny dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Jumat (10/4/2020).

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, TikTok bukanlah satu-satunya perusahaan teknologi yang menyumbang dana untuk memerangi pandemik Covid-19.

Sebelumnya, Google telah menggelontorkan investasi dana 200 juta dollar (kurang lebih Rp 3,1 triliun) dan kredit iklan 340 juta dollar sekitar (Rp 5,3 triliun) untuk bisnis kecil dan menengah.

Apple juga mengumumkan 50 juta dollar (sekitar Rp 788 miliar) untuk membantu industri musik yang terkena dampak pandemi.

Sementara Facebook telah mendonasikan 100 juta dollar (sekitar Rp 1,5 triliun) untuk mendukung kegiatan jurnalisme. Tak mau ketinggalan, baru-baru ini Twitter juga menyumbang 1 miliar dollar (sekitar Rp 15,7 triliun) untuk tujuan yang sama.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/10/13430057/tiktok-sumbang-rp-5-triliun-untuk-atasi-covid-19-rp-100-miliar-untuk-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke