Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TikTok Sudah Diunduh 1 Miliar Kali di Android

Sejak virus corona mewabah dan akses keluar rumah mulai dibatasi, banyak orang yang bekerja dari rumah, dan mengakses TikTok sebagai salah satu media hiburan mereka.

Bahkan hingga akhir Maret 2020 lalu, jumlah download (unduhan) TikTok di platform Android saja, atau di Google Play Store, telah menembus 1 miliar dalam skala global, seperti pada tangkapan layar di bawah ini.

Sebelumnya, pada Februari 2019 aplikasi bikinan pengembang China, ByteDance itu juga sudah mencapai total unduhan 1 miliar, namun berasal dari gabungan download di dua platform, yaitu Android (Play Store) dan iOS (App Store).

Hal itu diketahui dari data yang dihimpun oleh firma analisis, SensorTower di situs mereka. Menurut data SensorTower, jumlah unduhan 1 miliar tersebut berasal dari versi lite dan versi variasi regional TikTok.

Karena jumlah penggunaannya yang meningkat secara signifikan, startup China itu mulai menurunkan resolusi streaming pada platformnya. Pengguan TikTok di Eropa tidak bisa menonton video dalam resolusi HD selama satu bulan, mulai 21 Maret lalu.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir konsumsi bandwith yang mengakibatkan internet berjalan lambat. Meski demikian, pengguna tetap bisa mengunggah video mereka dalam kualitas maksimal.

Selain meminimalisir konsumsi bandwith saat pandemi Covid-19, TikTok juga menggelontorkan dana sumbangan total 375 juta dollar AS (sekitar Rp 5,9 triliun) untuk memerangi pandemi covid-19.

Indonesia pun menjadi salah satu negara yang mendapatkan donasi tersebut. TikTok menyalurkan donasi Rp 100 miliar kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk membantu penyediaan alat medis yang dibutuhkan tenaga kesehatan di Tanah Air.

 

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/15/16090067/tiktok-sudah-diunduh-1-miliar-kali-di-android

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke