Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Pay Siap Hadir di Indonesia, Gandeng Fintech Lokal

KOMPAS.com - Facebook dikabarkan tengah mengajukan izin ke Bank Indonesia untuk meluncurkan sistem pembayaran digital, Facebook Pay di Indonesia. Kehadiran Facebook Pay di Indonesia disebut bakal menggandeng tiga perusahaan dompet digital lokal.

Menurut kabar yang beredar, ketiga perusahaan dompet digital (fintech) di Indonesia yang dimaksud adalah GoPay, Ovo, dan LinkAja.

Seorang juru bicara Facebook ketika dikonfirmasi tentang kehadiran Facebook Pay di Indonesia, mengatakan bahwa pihaknya memang tengah membahas langkah-langkah yang diperlukan untuk menghadirkan Facebook Pay di Indonesia.

“Kami sedang melakukan pembicaraan dan berdiskusi terkait hal itu dengan perusahaan fintech di Indonesia," kata juru bicara Facebook.

Lewat CEO-nya, Jason Thompson, Ovo mengatakan bahwa perusahaan akan terus melakukan kemitraan dengan berbagai pihak, termasuk Facebook, guna meningkatkan transaksi digital.

Sementara Asisten Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, mengatakan bahwa perusahaan fintech lokal telah membahas Facebook Pay dengan regulator, untuk mendapatkan izin bermitra dengan Facebook.

“Sejauh ini belum ada yang mengajukan aplikasi, namun beberapa dari mereka (perusahaan fintech digital lokal) baru-baru ini telah berdiskusi saat rapat konsultasi dengan Bank Indonesia," kata Hendarta.

Apabila disetujui, Facebook Pay dapat menambah deretan sitem pembayaran digital di Indonesia, seperti Samsung Pay dan WeChat Pay yang baru-baru ini juga diluncurkan di Indonesia, dengan menggandeng perusahaan fintech lokal.

Facebook Pay sendiri diluncurkan pada November 2019, dan bisa digunakan di lintas platform milik Facebook Inc., yakni Facebook, Instagram, dan WhatsApp. Lewat platform ini, pengguna dapat melakukan pembayaran secara online tanpa harus keluar dari aplikasi.

Facebook mengatakan bahwa sistem pembayaran digital ini akan diekspansi secara lebih luas ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia yang merupakan salah satu pasar terbesar di dunia untuk Facebook dan WhatsApp, yang mencakup lebih dari 100 juta pengguna.

Diskusi tentang Facebook Pay di Indonesia juga telah dilakukan Facebook dengan perusahaan-perusahaan fintech di Indonesia sejak Agustus 2019 lalu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Reuters, Selasa (21/4/2020).

"Sistem pembayaran digital ini akan membuka peluang besar bagi pertumbuhan bisnis," kata juru bicara Facebook.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/21/08302617/facebook-pay-siap-hadir-di-indonesia-gandeng-fintech-lokal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke