Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Presiden Jokowi Disebut Pakai Aplikasi Lokal untuk Gelar Rapat Online

Meski awalnya menggunakan aplikasi Zoom, pada rapat yang berlangsung Senin kemarin, Presiden Jokowi disebut menggunakan aplikasi video conference buatan Indonesia.

Aplikasi tersebut adalah CloudX besutan Telkomsel. Seperti Zoom, Telkomsel CloudX juga merupakan aplikasi komunikasi berbasis awan (cloud) yang bisa digunakan untuk melakukan video conference.

"Setelah beberapa kali melakukan, Pak Jokowi ingin agar menggunakan produk dalam negeri dan yang lebih aman," ujar pria yang akrab disapa Anto ini dalam video conference yang digelar Telkomsel, Selasa (21/4/2020).

Ia juga mengatakan, rapat terbatas yang dilakukan Presiden Jokowi melibatkan 48 peserta, termasuk host dari Sekretariat Kabinet Republik Indonesia (Setkab). Menurut Anto, aplikasi CloudX bisa menampung sekitar 100 peserta secara bersamaan dalam satu sesi rapat.

Bisa digunakan oleh umum?

Terlepas dari itu, perlu dicatat bahwa CloudX sejatinya agak berbeda dengan platform seperti Zoom, Hangouts Meet, dan sejenisnya.

Pasalnya, CloudX memang dirancang untuk pelanggan di segmen corporate (B2B), artinya pengguna umum (gratis) tidak bisa membuat sebuah ruangan virtual dengan bebas.

Pengguna bisa saja menjadi partisipan ruangan CloudX secara gratis, asalkan mereka diundang oleh pemilik ruangan (host) yang sudah memiliki lisensi CloudX.

Lantas apakah platform ini akan dibuka ke segmen umum (ritel)?

Direktur Sales Telkomsel, Ririn Widaryani, mengatakan bahwa saat ini aplikasi CloudX baru bisa digunakan oleh segmen enterprise, bukan umum.

Menurut Ririn, saat ini permintaan enterprise terhadap layanan CloudX sangat besar sehingga masih menjadi prioritas.

Ririn melanjutkan bahwa pihaknya saat ini sedang berdiskusi untuk membagi resource antara permintaan di segmen enterprise dan retail.

Apalagi ia mengaku bahwa layanan video conference yang disediakan Telkomsel juga menjadi relevan di tengah wabah Covid-19, di mana tak sedikit pengguna yang mulai memakai platform serupa.

"Kami fokus ke sisi enterprise dulu, (setelah itu) baru kami mencoba berbagi resource untuk memenuhi demand di segmen ritel," tutup Ririn.

Aplikasi CloudX sendiri bisa diunduh dan diakses di beragam platform, mencakup Android, iOS, Windows, serta MacOS. Bagi pelaku bisnis yang ingin menggunakannya bisa mengunjungi tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/21/18590047/presiden-jokowi-disebut-pakai-aplikasi-lokal-untuk-gelar-rapat-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke