Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Instagram Tandai Akun Milik Pengguna yang Sudah Meninggal

KOMPAS.com - Sama seperti Facebook, Instagram juga akan memberikan tanda pada akun-akun milik pengguna yang sudah meninggal dunia.

Keberadaan tanda tersebut, pertama kali diketahui oleh programmer Jane Manchun Wong.

Dari temuan Jane, tanda tersebut muncul pada bagian bawah akun ketika halaman profil dibuka. Tanda bertuliskan "remembering" itu serupa dengan milik Facebook.

Pihak Instagram pun membenarkan hal tersebut. Menurut juru bicara Instagram, Liza Crenshaw, pihaknya memang mempercepat pembuatan tanda tersebut agar segera bisa dirilis kepada pengguna.

"Kami telah mengerjakan pembaruan ini selama beberapa waktu, ini adalah salah satu fitur yang kami percepat selama Covid-19 untuk membantu komunitas selama masa-masa sulit," ungkap Liza.

Keluarga yang ditinggalkan, juga bisa meminta Instagram untuk menandai akun milik anggota keluarga yang telah meninggal dunia.

Untuk melaporkan agar akun tersebut diberi tanda, pengguna cukup menghubungi Instagram melalui tautan berikut.

Nantinya, Instagram akan meminta sejumlah bukti dan melakukan verifikasi untuk memastikan bahwa pemilik akun tersebut telah meninggal dunia. 

"Kami perlu bukti kematian, seperti tautan ke berita duka atau artikel berita, untuk menjadikan akun sebagai kenangan," tulis Instagram.

Dengan tanda tersebut, akun milik pengguna yang sudah meninggal tidak akan dihapus oleh Instagram.

Instagram juga akan mencegah akun tersebut digunakan orang lain, meski memiliki password. Akun yang sudah mendapatkan tanda ini juga tidak akan muncul pada halaman Explore.

Dirangkum KompasTekno dari Buzzfeed, Kamis (23/4/2020), kendati demikian, pengguna lain akan tetap dapat mengirimkan DM kepada akun tersebut, meski tidak akan ada yang membaca.

Sebelumnya, Facebook sudah lebih dulu memberikan tanda pada akun milik pengguna yang sudah meninggal.

Facebook juga memberikan kontrol lebih banyak untuk kontak yang diwarisi akun tersebut. Ahli waris akun Facebook merupakan akun yang ditunjuk almarhum sebelum meninggal untuk mengoperasikan akunnya jika ia tiada.

Kontrol baru yang diberikan adalah mereka bisa mengubah pengaturan tambahan, seperti tag dan siapa saja yang bisa meihat unggahan spesifik di laman penghormatan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/23/17140037/instagram-tandai-akun-milik-pengguna-yang-sudah-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke