Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Huawei Lagi-lagi Klaim Jepretan DSLR sebagai Hasil Foto Ponselnya

Keramaian itu bermula dari sebuah iklan lomba fotografi yang tersebar di platform jejaring sosial asal China, Weibo. Dalam iklan kompetisi tersebut, Hauwei menampilkan beberapa foto dalam sebuah video.

Foto-foto itu diklaim diambil dari smartphone Huawei. Namun, salah satu pengguna Weibo dengan nama akun Jamie-Hua mengaku menemukan kejanggalan.

Ada beberapa foto yang pernah ia lihat sebelumya. Ia pun mencari tahu asal mula foto yang ada di video tersebut.

Hua menemukannya di situs kurasi foto 500px. Dalam situs itu disebutkan bahwa gambar diambil menggunakan kamera Nikon D850 DSLR.

Keterangan foto diperkuat dengan data EXIF yang menunjukan informasi serupa, bukan diambil dari salah satu smartphone Huawei.

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Jumat (24/4/2020), setelah ketahuan,  Huawei meminta maaf dan mengaku bahwa editor fotonya telah "salah menandai foto" sehingga tampak seolah diambil dengan ponsel besutannya.

Huawei lantas mengunggah ulang video tersebut dengan menghapus kalimat yang mengklaim bahwa gambar-gambar itu berasal dari smartphone, lalu berjanji akan lebih berhati-hati di masa mendatang.

Ini bukan kali pertama Huawie ketahuan mengklaim hasil jepretan kamera DSLR sebagai hasil foto ponselnya. Beberapa tahun lalu, dalam sebuah iklan Nova 3 di Mesir, Huawei juga mengklaim foto selfie diambil dari kamera ponsel tersebut.

Usut punya usut, ternyata hasil swafoto berasal dari kamera DSLR. Kasus ini terungkap karena sang bintang iklan mengunggah foto-foto di balik layar (behind the scene) saat proses shooting ke akun Instagram miliknya.

Huawei juga pernah memamerkan hasil foto dari kamera DSLR full-frame Canon 5D Mark III di galeri sampel foto smartphone P9 pada 2016.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/24/15010077/huawei-lagi-lagi-klaim-jepretan-dslr-sebagai-hasil-foto-ponselnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke