Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Apple iPad Kuasai Pasaran Tablet Global

KOMPAS.com - Baru-baru ini firma riset pasar Strategy Analytics merilis data pertumbuhan pasar industri tablet secara global pada periode tahun 2019, yang dikategorikan berdasarkan merek Application Processor (AP).

Laporan tersebut berfokus pada pangsa pasar industri prosesor pembuat chip seperti Apple, MediaTek, Qualcomm, Intel, dan Samsung yang disematkan pada tablet. Apple berhasil menguasai 44 persen pangsa pasaran tglobal pada tahun 2019.

Dengan kata lain, lini iPad buatan Apple adalah tablet paling laris di dunia pada tahun 2019. Sebab, chip A-Series buatan Apple hanya dipakai di perangkat tablet iPad buatan Apple sendiri.

Setelah Apple, posisi selanjutnya ditempati oleh Qualcomm dan Intel yang sama-sama memperoleh 16 persen pangsa pasar chip tablet global pada tahun 2019. Sisanya diduduki oleh MediaTek dan Samsung dengan menyumbang 24 persen pangsa pasar AP tablet global.


Strategy Analytics memperkirakan bahwa pasar prosesor global meningkat di angka 2 persen dari tahun ke tahun yang mencapai 1,9 miliar US dollar (sekitar Rp 29,6 triliun) pada tahun 2019, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (26/4/2020).

Di tahun 2019, Apple meluncurkan tiga tablet, termasuk generasi kelima dari iPad Mini dengan layar 7,9 inci. Perangkat yang diluncurkan pada bulan Maret 2019 lalu itu ditenagai oleh chip A12 Bionic SoC, serupa dengan yang diusung lini iPhone keluaran tahun 2018.

Apple sendiri sebenarnya tidak mengungkap berapa persisnya jumlah unit iPad yang terjual. Namun, data Strategy Analytics sudah menggambarkan bahwa iPad memang mendominasi di pasaran tablet, setidaknya pada tahun lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2020/04/26/08260037/apple-ipad-kuasai-pasaran-tablet-global

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke