Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan dengan Smartphone di Rumah

Meski demikian, bukan berarti kita hanya dapat berdiam diri. Masih banyak berbagai kegiatan positif yang bisa dilakukan di rumah untuk mengisi waktu, sekaligus mendapat hiburan dan menjaga hubungan sosial.

Nah, melalui keterangan tertulis yang dilayangkan ke KompasTekno, Minggu (10/5/2020), Vivo Indonesia berbagi tips tentang aktivitas-aktivitas yang bisa dilakukan di rumah dengan hanya bermodal ponsel pintar.

"Pada saat ini berbagai aktivitas sudah dapat kita lakukan hanya melalui smartphone. Cobalah untuk memanfaatkan fitur-fitur tersebut pada smartphone Anda, sehingga hari-hari selama berada di rumah tetap produktif," ujar Senior Brand Director Vivo Indonesia Edy Kusuma.

Selengkapnya, simak daftar aktivitas dengan smartphone sebagai berikut.

1. Menonton cara memasak aneka resep makanan di YouTube

Mengusir bosan sambil meningkatkan keterampilan, kenapa tidak? Di YouTube sekarang banyak tersedia video panduan cara memasak aneka resep makanan. Siapa tahu bisa untuk sahur atau buka puasa.

Agar lebih nyaman menonton, sebaiknya pakailah smartphone dengan layar lebar yang mampu menghasilkan tampilan jernih, misalnya V19 dari Vivo.

Dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang didukung dual-engine fast charging, pengguna V19 pun tak perlu khawatir kehabisan daya saat sedang asyik mengulik resep di dapur.

2. Menambah ilmu dan belajar kemampuan baru yang positif

Selain resep masakan, tentu ada banyak ilmu lain yang bisa didapatkan dari internet. Pada masa pandemi, ada berbagai pihak yang menyediakan materi pembelajaran secara cuma-cuma lewat kursus atau kelas online untuk menambah ilmu atau kemampuan baru yang positif.

Bidang yang ditawarkan pun beraneka rupa, mulai dari fotografi, belajar bahasa, desain grafis, hingga ilmu komputer, dan manajemen bisnis. Mereka bisa mudah dicari lewat search engine dengan memasukkan kata kunci yang sesuai.

Selain itu, beberapa penyedia layanan konten on-demand pun belakangan menggratiskan sebagian kontennya, termasuk dari kategori video dokumenter hingga pendidikan anak.

Sama seperti belajar resep, belajar hal positif lain dari internt pun akan lebih nyaman dilakukan melalui perangkat dengan layar lebar dan daya tahan baterai mumpuni.

3. Melakukan sesi foto virtual

Caranya mudah, Anda cukup melakukan panggilan video (video call) dengan teman atau kerabat menggunakan beragam aplikasi video conference, seperti Google Meet, Zoom, Skype, FaceTime, dan lain sebagainya.

Kemudian, arahkan gaya mereka untuk berpose di depan kamera komputer atau ponsel. Anda bisa menyarankan mereka untuk memakai aneka barang di rumah seperti vas bunga, tanaman, gelas, atau lainnya untuk penghias supaya hasilnya makin ciamik.

Selanjutnya, Anda tinggal lakukan screenshot untuk "menjepret" gambar, atau membidik layar komputer/ ponsel dengan kamera berkualitas tinggi. Koneksi internet yang cukup cepat dan stabil diperlukan agar kualitas video streaming terjaga tetap bagus.

Bingung mengarahkan gaya? Ponsel Vivo seperti V19 dibekali dengan fitur "Pose Master" berisi aneka preset pose menarik yang bisa dijadikan inspirasi. V19 juga menyematkan kamera depan 32 MP untuk telekonferensi. 

4. Bersosialisasi dari jauh lewat media sosial

Sedari awal diciptakan, media sosial telah membantu menghubungkan teman, kerabat, para kolega, dan kenalan baru lewat internet. Demikian pula di masa stay-at-home, media sosial bisa menjadi sarana sosialisasi tanpa terhalang jarak.

Media sosial masa kini pun tak hanya bisa diakses dari komputer desktop saja. Sebagian besar sudah bermigrasi dalam bentuk aplikasi di ponsel. Bahkan, beberapa memang utamanya difokuskan untuk smartphone.

Konten foto dan video pun manjur mengobati rasa kangen selagi tak bisa bertatap muka secara langsung. Agar kualitasnya makin baik, gunakanlah smartphone yang memiliki rangkaian kamera mumpuni seperti V19 yang dibekali 48 MP Quad AI camera.

5. Ngabuburit di Instagram

Yang satu ini masih terkait dengan fungsi media sosial. Pada bulan Ramadhan, beberapa pihak menggelar program ngabuburit, termasuk vendor ponsel Vivo lewat akun resminya di Instagram.

Setiap minggunya selama bulan Ramadhan, akun Instagram @vivo_indonesia menggelar program "Ngabuburit Online" dengan tema dan topik yang berbeda-beda.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/10/11000097/5-aktivitas-seru-yang-bisa-dilakukan-dengan-smartphone-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke