Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Lens Bisa Salin Tulisan Tangan Sebagai Teks Digital

KOMPAS.com - Google menambah fitur baru pada Google Lens yang memungkinkan penggunanya dapat menyalin tulisan tangan ke komputer menjadi teks digital hanya dengan menggunakan ponsel.

Untuk mencobanya, pengguna harus memiliki Google Chrome versi teranyar, serta memperbarui aplikasi Google Lens di Android atau aplikasi Google di iOS. Jangan lupa juga untuk login ke akun Google.

Setelah melakukan pembaruan, tinggal buka aplikasi Google Lens, kemudian arahkan ke tulisn tangan yang ingin disalin. Khusus untuk aplikasi Google di iOS, Lens bisa diakses lewat tombol di samping kolom pencarian.

Lens kemudian akan mendeteksi tulisan tangan. Selanjutnya, pilih bagian teks yang ingin disalin, lalu tekan tombol "copy" di bagian bawah antarmuka Google Lens. Teks yang disalin tadi kemudian bisa ditempelkan (paste) di aplikasi lain.

Saat dicoba oleh KompasTekno, Google Lens ternyata memang bisa mengenali tulisan tangan dan menyalinnya dalam bentuk teks digital. Namun, aplikasi ini bisa salah membaca apabila tulisan tangan tidak rapi.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (11/5/2020), selain penyalin tulisan tangan, Google juga menyematkan pembaruan lain pada Lens berupa kemampuan melafalkan kata supaya pengguna bisa tahu bagaimana cara mengucapkannya.

Caranya mudah, cukup pilih kata yang diinginkan dengan menggunakan aplikasi Google Lens, lalu pilih menu "Listen". Lens pun akan mengucapkan kata yang telah dipilih tersebut sesuai pelafalannya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/11/16030027/google-lens-bisa-salin-tulisan-tangan-sebagai-teks-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke