Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Google Eric Schmidt Diam-diam Mundur Setelah 19 Tahun

Jabatan terakhir Schmidt sebelum meninggalkan Google antara lain Executive Chairman baik di Google maupun Alphabet (perusahaan yang menginduki Google), serta penasihat teknis.

Dikutip KompasTekno dari Cnet, Selasa (12/5/2020), Schmidt telah melepas jabatan penasihat teknis sejak Februari 2020. Dengan demikian, Schmidt berada di dalam tubuh Google selama 19 tahun. Kepergian Schmidt disebut sebagai transisi natural di perusahaan.

"Larry, Sergey, Sundar, dan saya yakin bahwa transisi ini di waktu yang tepat bagi evolusi Alphabet," tulis Eric Schmidt.

"Beberapa tahun terakhir ini saya menghabiskan waktu dalam hal sains dan teknologi, serta philanthropy, dan saya berencana mengembangkan pekerjaan saya di bidang itu," lanjut Schmidt.

Schmidt memimpin Google dalam pertumbuhan yang cepat. Mulai dari startup mesin pencari internet, berkembang ke bisnis smartphone, e-mail, dan berbagai cabang lain.

Sergey Brin dan Larry Page, duo pendiri Google, merekrut Schmidt saat itu karena kepemimpinannya, sehingga diharapkan Google memiliki kredibilitas bisnis yang tinggi di antara perusahaan lain.

Namun, Schmidt tak luput juga dari kritikan. Ia dianggap mengesampingkan privasi pengguna dalam perannya sebagai CEO, dengan anggapan tidak usah takut kalau tidak ada apa-apa yang disembunyikan.

Jabatannya di direksi Apple juga mengundang tanda tanya saat Android kian dikenal luas.

Schmidt juga dikenal pandai dalam memprediksi suatu hal, seperti teknologi kecerdasan buatan (AI), tetapi juga dikenal terlalu percaya diri tentang kesempatan Google di bidang bisnis lain. Contohnya adalah Google TV pada 2012 lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/12/08020017/bos-google-eric-schmidt-diam-diam-mundur-setelah-19-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke