Salin Artikel

Instagram Lite Diam-diam Hilang dari Google Play Store

Kini, Instagram juga menghapus Instagram Lite secara diam-diam di toko aplikasi Android. Aplikasi Instagram versi ringan ini dilaporkan sudah tidak tersedia di beberapa negara, seperti Kenya, Meksiko, Peru, dan Filipina mulai 13 April.

Dari pantauan KompasTekno, Selasa (12/5/2020), Instagram Lite juga sudah tidak ditemukan di Google Play Store Indonesia. Sementara itu, pengguna Instagram Lite mendapatkan pesan untuk menuju ke aplikasi Instagram utama.

Dalam pesan itu disebutkan bahwa "Instagram Lite tidak lagi didukung". Dilaporkan Tech Crunch, Instagram beralasan akan melakukan uji coba Instagram versi ringan kembali, sebagaimana yang dihimpun KompasTekno, Selasa (12/5/2020).

"Anda bisa menggunakan aplikasi Instagram versi terbaru untuk tetap terhubung dengan orang dan sesuatu yang Anda sukai," kata perwakilan Instagram.

Selama ini, Instagram memang hanya menyebut Instagram Lite sebagai "uji coba". Kemungkinan, Instagram akan membuat versi yang lebih baru, meskipun belum diketahui kapan akan diluncurkan kembali.

Sedikit mengingat, Instagram Lite dibuat dengan menyasar negara-negara berkembang yang memiliki populasi perangkat low-end cukup besar.

Sebab, ukuran aplikasi "Lite" lebih kecil dibanding aplikasi Instagram biasa, sehingga cocok untuk smartphone berspesifikasi rendah yang minim ruang penyimpanan.

Saat diluncurkan, ukuran aplikasi Instagram Lite hanya 573 kilobit, jauh lebih ringan dibanding aplikasi utama yang berukuran 32 megabit. Fungsi utama Instagram, seperti mengunggah foto ke feed atau story, dan mengeksplorasi unggahan, tersedia di Instagram Lite.

Namun, ada beberapa fitur yang absen, seperti mengunggah video atau mengirim pesan langusng (direct message). Instagram Lite cukup diterima positif di beberapa negara.

Meksiko, yang menjadi negara awal penyebaran Instagram Lite, menjadi pengadopsi Instagram Lite terbesar dengan menyumbang 62 persen dari totoal unduhan. Instagram Lite juga sudah diunduh 4,4 juta kali di Meksiko, menurut data dari Sensor Tower.

Filipina menempati urutan kedua dengan persentase 14 persen dari total unduhan, diikuti Kenya dan Peru dengan masing-masing 12,5 persen dan 12 persen unduhan.

Namun di sejumlah negara berkembang lain, popularitas Instagram Lite tidak begitu tinggi. Seperti di India, Indonesia, Brasil, dan lainnya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/12/10160067/instagram-lite-diam-diam-hilang-dari-google-play-store

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.