Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tab di Google Chrome Kini Bisa Diwarnai dan Dikelompokkan

Fitur pengelompokkan tab ini sebenarnya sudah diuji coba Google jauh-jauh hari. Namun, kali ini Google mulai menggelontorkan ke pengguna umum.

Nantinya, pengguna bisa menyortir tab yang sedang dibuka berdasarkan topik yang sama, kemudian dikelompokkan dalam satu wadah.

Fitur ini berguna bagi pengguna yang kerap berselancar di dunia maya sembari membuka tab dalam jumlah yang banyak.

Pengguna juga akan dapat memberikan warna yang berbeda untuk menandai, merapikan, serta mempermudah akses tab.

Misalnya, jika pengguna membuka tiga tab yang berisi situs jejaring sosial, maka mereka bisa mengelompokkannya menjadi satu folder yang bernama "Sosmed" atau sejenisnya dan mengubah warnanya.

Untuk mengelompokkan tab dalam sebuah grup, pengguna cukup melakukan klik kanan pada tab yang bersangkutan dan pilih "Add to new group" atau "Tambahkan ke grup baru".

Kemudian, pengguna bisa menamai grup tersebut sesuai topik yang mereka inginkan dan mengganti latar nama folder dengan warna yang tersedia.

Untuk menambahkan sebuah tab baru ke dalam grup atau folder yang telah dibuat, maka pengguna bisa kembali melakukan klik kanan di tab terkait dan pilih "Add to existing group". Setelah itu, pilih grup yang sudah tersedia.

Fitur ini sendiri bakal digelontorkan secara bertahap di Chrome terbaru versi Windows, Mac, dan Linux mulai minggu depan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BlogGoogle, Kamis (14/5/2020).

Jika Anda pengguna Windows dan tidak sabar, Anda bisa menjajal fitur tersebut di Chrome versi beta yang bisa diunduh di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/14/15040017/tab-di-google-chrome-kini-bisa-diwarnai-dan-dikelompokkan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke