Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pendapatan Foxconn Turun 90 Persen, Efek Covid-19

Foxconn menjadi satu dari sekian banyak perusahaan manufaktur elektronik yang merugi akibat pandemi Covid-19. Perusahaan yang bermarkas di Taiwan itu dilaporkan mengalami peurunan pendapatan pada kuartal-I 2020 hingga 90 persen, dibandingkan tahun lalu.

Perusahaan yang dikenal sebagai pabrik perakit ponsel (termasuk iPhone) itu sudah mewanti-wanti para investornya sejak Maret lalu. Saat itu, Foxconn tidak bisa memberikan gambaran jelas bagaimana proyeksi keuntungan mereka di sisa tahun 2020.

Pandemi Covid-19 yang membuat seluruh aktivitas produksi dihentikan dalam waktu tertentu, membuat proyeksi bisnis menjadi buram.

"Mencegah wabah, melanjutkan kerja dan produksi menjadi prioritas kami," hanya itu yang bisa dipastikan pimpinan Foxconn, Liu Young-Way pada Maret lalu.

Dua bulan berjalan, nyatanya pandemi masih tidak jelas kapan usai. Liu pun mengaku bahwa pandangannya terhadap proyeksi bisnisnya di sisa akhir tahun 2020 masih terbatas.

"Saat ini, tidak ada cara yang bisa saya tawarkan untuk melihat prospek paruh tahun ini," kata Liu, dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Senin (18/5/2020).

Kendati demikian, Foxconn berharap kerugian bisa berkurang pada kuartal berikutnya, seiring beberapa pabrik Foxconn di China yang sudah kembali beroperasi.

Pabrik-pabrik di China memang berhenti beroperasi sejak akhir Januari lalu, ketika negara tersebut memberlakukan lockdown atau karantina wilayah.

China memang menjadi negara awal yang menerapkan lockdown, karena lebih dulu terjangkit wabah Covid-19, sebelum akhirnya meluas ke berbagai negara. Kapasitas produksi pabrik Foxconn di China ditaksir mencapai tiga perempat dari total kapasitas.

Meski operasional pabrik perlahan pulih, namun permintaan smartphone di dunia belum juga membaik. Hal ini tentu akan berdampak pada turunnya permintaan komponen dari beberapa vendor smartphone langganan Foxconn.

Apple diketahui menjadi salah satu klien terbesar Foxconn. Kabarnya Apple juga menunda perilisan iPhone flagship mereka di tahun ini, karena menurunnya permintaan pasar dan terbatasnya rantai pasokan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/18/16250037/pendapatan-foxconn-turun-90-persen-efek-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke