Salin Artikel

Instagram Luncurkan Fitur "Guides" dan Kontrol Komentar di Indonesia

Fitur pertama yang diluncurkan adalah Guides, di mana kreator bisa mengkurasi konten-konten dengan topik tertentu dan bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna.

Dalam peluncurannya, Guides akan fokus pada isu kesehatan mental, terutama semasa pandemi Covid-19.

Instagram bekerja sama dengan startup kesehatan mental Riliv, komunitas anti-perundungan Sudah Dong, dan aktris Ariel Tatum dalam pembuatan konten tentang kesehatan mental dan anti perundungan.

Untuk saat ini, fitur Guides bisa dilihat dengan mengunjung profil akun Instagram Riliv, Sudah Dong, atau Ariel Tatum. Kemudian, klik ikon Guides yang terletak di tengah-tengah antara galeri dan tag.

Posisi tersebut biasanya dihuni ikon IGTV. Dalam beberapa waktu ke depan, kumpulan konten Guides juga akan muncul di bagian tab Explore.

Salah satu konten yang sudah diluncurkan adalah lima seri video yang digarap Riliv bersama Ariel Tatum tentang isu kesehatan mental yang diulas dengan bahasa yang lebih mudah dipahami oleh anak muda.

Selain itu, Riliv juga meluncurkan audio meditasi berjudul "Mengatasi Bullying" sebagai bentuk adaptasi booklet #REALTALK, hasil kolaborasi bersama Sudah Dong dan Instagram.

Putri Silalahi, Manajer Komunikasi Publik Instagram Asia Pasifik mengatakan bahwa pengisi konten Guides hanya berasal dari kreator dan organisasi yang dinilai kredibel. Itu artinya, tidak semua pengguna bisa mengkurasi konten di Guides.

"(Hanya) untuk kreator yang kami tahu selama ini berusaha membangun kesadaran masyarakat akan isu-isu tertentu," jelas Putri dalam acara peluncuran fitur dan kampanye #REALTALK Instagram yang digelar secara online pada Selasa (19/5/2020).

Hapus banyak komentar sekaligus, batasi tagging

Putri menjanjikan, nantinya akan ada lebih banyak kreator dan organisasi yang akan meramaikan fitur Guides. Selain Guides, Instagram juga memboyong fitur kontrol komentar dan pembatasan tagging (menandai) ke Indonesia.

Caranya adalah dengan mengetuk ikon tiga titik yang ada di seelah kanan atas, lalu pilih komentar negatif yang ingin dihapus secara bersamaan.

Kemudian ada fitur pin komentar, di mana pengguna bisa menyematkan komentar favorit di bagian paling atas. Namun, fitur ini masih akan diuji coba.

Terakhir adalah fitur tag and mention control yang memungkinkan pengguna membatasi siapa saja yang boleh menandainya di unggahan Instagram.

Philip Chua, Kepala Kebijakan Publik Instagram Asia Pasifik mengatakan fitur-fitur ini akan tersedia bagi seluruh pengguna Instagram Android dan iOS di Indonesia.

"Kami ingin memastikan para pengguna memiliki kendali penuh dalam menciptakan interaksi yang positif di Instagram melalui peluncuran serangkaian fitur baru kami hari ini," kata Philip.

Putri menambahkan, meskipun fitur ini diluncurkan di tengah pandemi Covid-19 dan program awal bertujuan untuk membantu kesehatan mental selama pandemi, Guides tetap akan ada meskipun nantinya pandemi telah usai.
 

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/19/13310097/instagram-luncurkan-fitur-guides-dan-kontrol-komentar-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.