Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Smart TV LG Kini Mengerti Bahasa Indonesia

Seperti diketahui, lini televisi pintar LG telah dilengkapi dengan software kecerdasan buatan LG ThinQ AI.

Dengan software tersebut, pengguna bisa berinteraksi dengan TV lewat pesan suara, menggunakan remote TV.

Kini, dalam update terbaru ThinQ AI, dukungan Bahasa Indonesia telah disertakan. Dengan fasilitas ini, LG mengklaim menjadi produsen televisi pintar pertama yang mendukung perintah suara berbasis Bahasa Indonesia.

“Ini menjadi bagian upaya kami untuk terus menjadi yang terdepan dalam memberi pengalaman lebih baik dalam interaksi pengguna dengan TV," ujar Park Myungkil, Product Head HE LG Electronics Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (20/5/2020).

Perintah suara berbasis Bahasa Indonesia ini membuat smart TV LG mampu memahami perintah dalam struktur pengucapan yang lebih natural.

Atau contoh lainnya adalah perintah “atur waktu tidur” yang akan membuat televisi ini memberi opsi untuk pengaturan tenggat waktu menon-aktifkan diri.

Bahkan pencarian judul film tertentu dapat dilakukan dengan mengikutkan perintah pencarian spesifik pada layanan tertentu.

Cukup dengan perintah sederhana "cari" diikuti judul film dimaksud, dan diakhiri dengan layanan streaming video tertentu. Smart TV LG akan langsung bekerja melakukan kurasi sesuai perintah.

Untuk mendapatkan update software ThinQ AI berbahasa Indonesia ini, pengguna hanya perlu menghubungkan TV dengan internet. Setelah unduhan selesai, ubah pengaturan TV ke Bahasa Indonesia.

Perintah suara akan dapat digunakan dengan berbicara melalui Magic Remote TV LG.

Ketersediaan perintah suara dalam Bahasa Indonesia ini tidak hanya terdapat pada televisi pintar LG kelas premium seperti NanoCell TV dan OLED TV LG saja. Melainkan juga seluruh smart TV LG keluaran 2019.

“Kami ingin kabar baik ini menjangkau lebih banyak pengguna. Untuk memberi pengalaman lebih baik sekaligus inspirasi mengenai evolusi interaksi pengguna dan TV di masa mendatang,” ujar Verina Widya, Product Manager HE PT. LG Electronics Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/20/03190047/smart-tv-lg-kini-mengerti-bahasa-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke