Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aplikasi Android dan iOS untuk Silaturahim Online

Beragam aplikasi teleconference bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan silaturahim online di saat Lebaran dan Idul Fitri tahun ini, termasuk di platform ponsel populer Android dan iOS.

Berikut beberapa di antaranya, dirangkum KompasTekno dari Smartmeetings.com, Sabtu (23/5/2020).

1. WhatsApp

Selain bisa digunakan untuk chatting dengan saudara saat Lebaran, WhatsApp juga bisa dipakai untuk silaturahim online secara virtual, dengan panggilan video.

Pengguna bisa langsung menggunakan fitur video call untuk melakukan panggilan atau menggelar silaturahim kecil-kecilan.

Perlu dicatat, saat ini WhatsApp baru mengizinkan delapan orang sekaligus (termasuk pengguna) untuk melakukan video call dalam satu panggilan. WhatsApp bisa diunduh di tautan ini (Android) dan tautan ini (iOS).

2. Google Meet

Google sedang menggratiskan layanan video call Meet. Fitur Premium di Google Meet kini bisa dicoba secara gratis hingga akhir September 2020. Tak ada salahnya aplikasi ini dimanfaatkan untuk silaturahim online.

Semua orang yang memiliki akun Gmail kini bisa menikmati fitur premium secara gratis, seperti kapasitas hingga 100 orang dan waktu yang tidak dibatasi.

Pengguna juga bisa melakukan panggilan video melalui laptop. Login ke akun Gmail lewat browser, akan ada tab untuk mengakses Google Meet di sisi kiri.

Google Meet versi Android bisa diunduh di tautan berikut. Sementara untuk versi iOS bisa di-download di tautan ini. Pengguna juga bisa langsung menikmati layanan Meet melalui versi web di tautan berikut.

3. Skype

Skype adalah aplikasi percakapan berbasis suara dan video besutan Microsoft. Aplikasi ini memungkinkan hingga 25 orang bersilaturahim secara virtual dalam satu kali panggilan.

Berbeda dengan beberapa aplikasi lain, Skype bisa diakses dari beragam perangkat, mencakup komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga TV yang mendukungnya.

Skype juga bisa digunakan sebagai media percakapan berbasis teks, baik secara individu maupun grup, dan mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel atau telepon rumah.

Jika ingin mencoba Skype, Anda bisa mengunduhnya di tautan berikut untuk memilih perangkat yang ingin dipasangi aplikasi tersebut.

4. Facetime

Pengguna produk Apple pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Facetime merupakan aplikasi panggilan video untuk produk ekosistem Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch.

Facetime mampu menampung hingga 32 orang dalam satu panggilan video, sehingga layak digunakan untuk silaturahim online dengan keluarga dan kerabat.

Tidak hanya kamera depan, pengguna Facetime juga bisa menggunakan kamera belakang untuk memperlihatkan obyek yang sedang mereka saksikan di depan mata secara riil kepada peserta panggilan video.

Aplikasi FaceTime hanya bisa digunakan di perangkat buatan Apple. Untuk mengunduhnya silakan klik tautan berikut.

5. Zoom

Zoom adalah aplikasi percakapan yang bisa pula digunakan untuk silaturahim online. Aplikasi ini bisa menampung hingga 100 orang dalam satu panggilan video.

Zoom dibekali dengan sejumlah fitur mumpuni untuk kemudahan pertemuan tatap muka secara online, seperti fitur membagi layar pengguna ke para peserta (screen sharing), serta dukungan Google Drive, Dropbox, dan Box untuk berbagi dokumen dan foto.

Ada pula fitur yang memungkinkan pengguna mengundang partisipan berdasarkan nomor telepon hingga e-mail.

Jika ingin menjajal Zoom, silakan kunjungi tautan berikut untuk versi Android dan tautan berikut untuk versi iOS.

https://tekno.kompas.com/read/2020/05/23/20280007/5-aplikasi-android-dan-ios-untuk-silaturahim-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke