Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buntut Kematian George Floyd, Android 11 Batal Meluncur Minggu Ini

Khusus untuk pengenalan Android 11, Google rencananya mengadakan acara khusus yang digelar secara virtual pada Rabu (3/6/2020) minggu ini.

Tapi agenda yang bertajuk "What's new in Android" dan "All things privacy in Android 11" itu belakangan kembali ditunda, diduga akibat kerusuhan yang dipicu oleh peristiwa kematian George Floyd di Minneasota, AS.

Google memang tidak menyebut alasan penundaan tersebut, tetapi lewat akun Twitter resmi @AndroidDev, dikatakan bahwa ini waktu yang tidak tepat untuk mengadakan perayaan.

"Kami menunda acara 3 Juni dan peluncuran beta (Android 11). Kami akan memberi tahu lebih lanjut tentang Android 11 dalam waktu dekat," tulis akun Android Developers.

Video aksi kekerasan itu pun viral, sehingga memicu kemarahan di berbagai negara bagian. Kematian Floyd memunculkan isu rasisme yang kuat di AS yang kemudian membuat sebagian besar kalangan ikut bersimpati, mulai dari politisi, selebriti, hingga influencer gadget.

Dirangkum KompasTekno dari Cnet, Senin (1/6/2020), mulanya acara peluncuran Android 11 akan dihadiri vice president of engineering Android, Dave Burke dan director of product management, Stephanie Cuthbertson sebagai pembicara.

Google belum mengonfirmasikan kapan acara akan dijadwalkan ulang. Namun menurut Google, penundaan ini tidak akan mengubah jadwal peluncuran Android 11 versi final, yang direncanakan pada kuartal III-2020.

Perilisan Android 11 versi beta sendiri kabarnya akan mencakup versi final API SDK dan NDK. Kemudian versi beta 2 yang rencananya dirilis bulan Juli, ditargetkan sudah stabil, alias tidak memiliki bug berarti.

Lalu perilisan versi beta 3, yang merupakan versi final, akan dilakukan pada Agustus mendatang.

Google sendiri telah merilis Android 11 versi developer preview. Dari versi tersebut, ada beberapa penampakan fitur baru yang akan dibawa, seperti perekaman layar bawaan dan riwayat notifikasi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/01/09092107/buntut-kematian-george-floyd-android-11-batal-meluncur-minggu-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke