Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Streaming Video di Kota Bekasi Lebih Lancar Dibanding Jakarta, Sorong Teratas

KOMPAS.com - Kualitas pengalaman streaming video di Kota Bekasi ternyata mengungguli Jakarta. Hal itu terbukti dari survei yang dilakukan oleh lembaga OpenSignal di 44 kota besar di Indonesia.

Dalam survei analisis pengalaman streaming video seluler di Indonesia, Kota Bekasi mendapat skor 60,3, sementara Jakarta mendapat skor 59,1. Keduanya masih masuk dalam kategori bagus.

Berada di urutan teratas, alias kualitas streaming terkencang dengan sedikit gangguan, justru berada di luar Pulau Jawa, yakni di Kota Sorong dengan skor indeks 68,1 atau kategori sangat bagus.

Bekasi juga menjadi kota di Pulau Jawa dengan skor tertinggi, mengalahkan kota-kota besar di Jawa lainnya, seperti Tangerang Selatan (59,9), Surabaya (59,8), dan Kota Bandung (59,6). Meski demikian, kota-kota di Jawa tidak ada yang masuk 10 besar.

Sementara Cimahi, Kota Bogor, dan Kota Serang menjadi tiga kota urutan terbawah dengan skor masing-masing 55,3; 55,1; dan 53,1.

Opensignal melakukan survei pengalaman layanan streaming video para pengguna telepon seluler di 44 kota besar di Indonesia, berdasarkan skor gabungan yang bersumber dari seluruh operator seluler.

"Dalam analisis ini, kami memeriksa 44 kota terbesar di Indonesia untuk melihat bagaimana pengalaman mereka saat menggunakan layanan video streaming berdasarkan skor (pada skala 100 poin) gabungan dari seluruh operator seluler nasional di berbagai jaringan," tulis Opensignal dalam blog resminya.

Ada tiga kategori penilaian yang diterbitkan, yaitu peringkat Very Good (65-75/100), Good (55-65/100), dan Fair (40-55/100).

Menurut Opensignal, dari analisis 40 kota, rata-rata sudah merasakan pengalaman streaming video yang baik (Good), dengan skor antara 55-65 poin.

Namun, sebagiannya masih ada yang mengalami hambatan seperti loading yang cukup lambat dan terhenti apabila memilih opsi pemutaran dengan resolusi tinggi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/03/07440087/streaming-video-di-kota-bekasi-lebih-lancar-dibanding-jakarta-sorong-teratas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke