Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Telkom Batasi Sejumlah Tayangan TVRI di IndiHome Terkait Hak Siar

Menanggapi hal ini, Telkom Indonesia sebagai pihak yang menyediakan layanan internet Indihome, membenarkan adanya pembatasan sejumlah siaran yang ditayangkan di saluran TVRI.

Menurut Vice President Corporate Communication Telkom Indonesia, Arif Prabowo, pembatasan tersebut terkait hak siar dari penyedia konten. Meski demikian, Arif tidak memberikan informasi rinci siaran dan program apa saja yang dibatasi.

Kendati begitu, ia memastikan bahwa pembatasan ini tidak berlaku untuk siaran dan program "Belajar dari Rumah" yang dicanangkan pemerintah selama pandemi Covid-19.

Arif memastikan bahwa pelanggan Indihome tidak akan menemui kendala apapun untuk  menonton program Belajar dari Rumah melalui jaringan internet yang disediakan.

"Terkait dengan beberapa program di luar Belajar dari Rumah, memang ada permintaan dari TVRI untuk tidak bisa ditayangkan di IndiHome sehubungan dengan hak siar," ungkap Arif kepada KompasTekno.

Program "Belajar dari Rumah" ini sendiri ditayangkan secara eksklusif di TVRI. Program tersebut dapat ditonton selama hari kerja, dan tidak ditayangkan pada hari Sabtu dan Minggu.

Ketika mencoba untuk mengakses saluran tersebut, pelanggan malah disodori halaman pemberitahuan dengan bunyi "Program ini tidak tersedia sehubungan dengan keterbatasan hak siar dari penyedia konten."

Hal tersebut dikeluhkan para pengguna layanan Indihome karena mereka harus menonton siaran program "Belajar dari Rumah" yang ditayangkan secara eksklusif di TVRI.

Diketahui, TVRI sendiri, bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) belakangan memang rajin menggelar tayangan-tayangan edukatif di tengah pandemi Covid-19, salah satunya adalah program tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/03/16563007/telkom-batasi-sejumlah-tayangan-tvri-di-indihome-terkait-hak-siar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke