Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kronologi Pelanggan Beli VGA di Shopee Dikirim Foto "Tom and Jerry"

Kotak yang dikirim oleh penjual di Shopee tidak berisi kartu grafis yang ia idamkan, melainkan selembar kertas dengan foto (meme) karakter kucing Tom di kartun Tom and Jerry.

V menuturkan, kejadian berawal sejak Senin, (1/6/2020) lalu, ketika ia membeli sebuah VGA msi GTX 1060 6 GB pada sebuah akun penjual berinisial EAS.

Ia pun langsung menghubungi pelaku melalui fitur chatting pada Shopee untuk menanyakan kondisi VGA.

"Yang meyakinkan itu foto dari produk, judul, spesifikasi dan deskripsi. Dia menjelaskan panjang lebar, dan tak lupa juga saya tanyakan kondisi VGA, BIOS, dan lainnya," ujar V dihubungi KompasTekno, Kamis (4/6/2020) lalu.

Sebelum melakukan transaksi pembelian, V telah terlebih dahulu membaca dengan lengkap kolom deskripsi barang yang tersedia.

V mengaku sempat menyadari hal yang janggal pada kolom deksripsi, di mana terdapat tulisan "Jika diorder, saya kirim foto terakhir. No complain. Membeli = setuju dan paham. Thanks".

Sedangkan foto terakhir yang dimaksud adalah foto Tom, karakter kucing dalam film kartun Tom and Jerry.

Kendati demikian, V tidak mengindahkan tulisan tersebut. Ia merasa telah percaya sepenuhnya ketika berbelanja melalui Shopee.

"Kalau dibilang aware sebenernya ada, tapi dari saya sendiri gak mungkin orang bercanda jualan di online Shopee. Terlebih ini sistemnya rekber (rekening bersama) ya, bukan direct transfer," tutur V.

V pun langsung melanjutkan proses transaksi melalui aplikasi Shopee. Satu hari setelah pemesanan, sang penjual rupanya tak kunjung mengirimkan VGA yang dipesan.

V pun meminta pelaku untuk membatalkan transaksi. Kendati demikian, pelaku enggan untuk menyetujui V.

Di hari yang sama, Selasa (2/6/2020), pelaku lalu menunjukkan resi pengiriman kepada korban. Paket pun tiba di tangan V pada Rabu, (3/4/2020) kemarin.

Saat menerima paket, korban merasa curiga, karena box yang disangka VGA pesanannya itu terasa ringan. Korban pun menjelaskan kecurigaannya lewat sebuah video pendek.

Video berdurasi 2 menit tersebut juga memperlihatkan proses unboxing yang dilakukan oleh V.

Namun alih-alih berisi VGA, ketika dibuka, box tersebut berisi sebuah kertas dengan tulisan "Barang sudah saya kirim sesuai deskripsi ya gan :)". Tulisan tersebut turut disertakan dengan busa dan gambar meme Tom and Jerry.

Merasa kecewa, V lantas segera melaporkan kasus penipuan tersebut kepada Customer Service Shopee. Pihak Shopee pun kemudian langsung menindaklanjuti kasus tersebut.

Selagi menunggu kabar dari pihak Shopee, V dibantu kedua orang temannya melakukan penyelidikan mandiri pada pelaku.

Ketiganya mencari nama pelaku melalui Facebook. Mereka pun mengumpulkan bukti dan mencocokkan foto beserta informasi yang ada.

Benar saja, orang tersebut merupakan orang yang sama dengan pelaku penipuan yang mengerjai V.

Salah seorang teman korban berinisial A, kemudian menghubungi pelaku melalui pesan singkat Facebook. Ia menganjurkan pelaku untuk minta maaf secara langsung kepada korban. Pelaku pun menolak saran tersebut.

"Awalnya si pelaku ini menganggap enteng permasalahannya. Dengan santainya dia ngomong, 'santai aja bro duitnya nanti juga balik'," jelas V.

Setelah dibagikan oleh komunitas Facebook serta ketiga temannya, postingan penipuan yang diunggah oleh V pun mendadak viral. Mengetahui hal tersebut, pelaku pun berjanji akan minta maaf kepada korban.

"Dia bilang akan meminta maaf nanti malam berupa foto," kata V.

Tanggapan Shopee

Saat ini kasus penipuan yang dialami oleh V telah ditangani oleh pihak Shopee. Hal tersebut juga dibenarkan oleh Aditya Maulana Noverdi, Public Relations Lead Shopee.

"Kami telah menindaklanjuti kasus ini dan telah memberikan sanksi tegas kepada seller terkait dengan menutup toko dan menurunkan produk tersebut. Kami juga telah melakukan proses pengembalian dana kepada pembeli," jelas Aditya.

Kini V pun tengah melakukan proses verifikasi pada pihak Shopee untuk mengembalikan dana miliknya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/05/12060027/kronologi-pelanggan-beli-vga-di-shopee-dikirim-foto-tom-and-jerry

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke