Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Apple Buka Suara soal Isu Rasisme di Amerika Serikat

Melalui blog resminya, Tim Cook mengunggah sebuah tulisan berjudul "Bicara tentang Rasisme". Ia pun mengutuk ketidaksetaraan sistem peradilan di Amerika Serikat dan menilai bahwa diskriminasi masih banyak terjadi di sana.

"Kami telah melihat kemajuan sejak hidup di Amerika. Namun, pada kenyataannya, komunitas berkulit hitam terus mengalami diskriminasi yang berujung pada trauma," tulis Tim Cook.

Ia juga menyoroti perlakuan diskriminasi yang seringkali didapat oleh komunitas kulit hitam khususnya di lingkungan sosial dan pendidikan.

"Misalnya kita lihat dari sistem peradilan pidana, sejumlah kasus yang dialami komunitas berkulit hitam mengalami ketidaksetaraan termasuk dalam pelayanan sosial dan pendidikan," lanjutnya.

Sebagai upaya nyata, Cook mengatakan bahwa Apple sendiri saat ini telah berdonasi kepada Equal Justice Initiative, sebuah organisasi yang menentang ketidakadilan dan rasialisme.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari halaman Apple.com, Jumat (5/6/2020) Cook juga mengatakan bahwa teknologi memiliki peranan penting untuk mengubah dunia dari ketidakadilan. 

Ia juga mengatakan bahwa teknologi dapat memberdayakan dan mengubah orang-orang menjadi lebih baik.

"Kami berkomitmen untuk terus mencari dan mendorong segala kemajuan yang berdampak untuk kedepann, termasuk inklusi dan keragaman agar setiap gagasan hebat dapat kami dengar," tulisnya.

Kasus yang menimpa seorang warga kulit hitam, George Floyd, beberapa waktu lalu memang mengundang banyak perhatian. 

Floyd yang tewas usai leher bagian belakangnya ditindih menggunakan lutut oleh seorang polisi lulit putih bernama Derek Chauvin.

Sejumlah perusahaan teknologi juga ikut memberikan dukungan agar tindakan rasialisme tidak lagi terjadi di Amerika Serikat.

Sebut saja Google, Twitter, dan Instagram yang menyuarakan tagar #BlackLivesMatter sebagai bentuk dukungan mereka.

Adapun Netflix, Amazon Studios, Hulu, Starz, Quibi, dan Twitch juga menyuarakan aksi dukungan anti-rasialisme lewat pengumuman yang diunggah melalui akun resmi Twitter milik mereka.

YouTube bahkan tak segan untuk menggelontorkan dana sebesar 1 juta dollar AS (Rp 14,5 miliar) sebagai upaya untuk mengatasi aksi ketidaksetaraan sosial.

Ada pula sejumlah acara besar yang ditunda demi menghormati tragedi ini, seperti acara PlatStation 5 yang seharusnya digelar Sony beberapa hari lalu, hingga acara besar Fortnite yang digelar Epic Games.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/05/18140087/bos-apple-buka-suara-soal-isu-rasisme-di-amerika-serikat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke