Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Xiaomi Bikin Ponsel Layar Lipat Mirip Huawei Mate Xs?

KOMPAS.com - Pabrikan ponsel China, Xiaomi disinyalir bakal membuat ponsel layar lipat setelah mengajukan dokumen paten desain ponsel "gaya" baru, yang memiliki mekanisme layar yang melipat ke luar.

Dokumen paten tersebut diketahui telah diajukan oleh Xiaomi ke kantor paten China (CNIPA) pada tahun 2019 lalu.

Paten itu memperlihatkan desain ponsel yang mengadopsi teknologi layar fleksibel yang bisa ditekuk ke arah luar, sehingga bentuk perangkat berubah serupa ponsel dengan dua sisi layar
saat dilipat, dan tablet saat dibentangkan.

Jika dilihat dari desainnya, paten tersebut nampaknya mirip seperti ponsel Huawei Mate Xs yang baru saja diluncurkan pada Maret 2020 lalu.

Pada bagian punggung ponsel, paten Xiaomi memperlihatkan adanya empat kamera yang disusun secara vertikal dan dua lubang yang disebut merupakan LED Flash.

Sedangkan di bagian depan, paten tersebut tidak memperlihatkan secara detail keberadaan letak kamera. Lalu pada bagian kanan atas terdapat area yang memunculkan garis berwarna merah apabila ponsel sedang dalam kondisi dilipat.

Sementara, di sisi kanan bodi ponsel terdapat dua tombol fisik untuk menghidupkan perangkat (power) dan tombol pengaturan volume.

Pada bagian bawah bodi ponsel, tertanam beberapa fungsi perangkat speaker, slot kartu SIM, mikrofon dan port USB Type-C untuk pengisian daya.

Menariknya lagi, di bagian bawah ponsel kabarnya Xiaomi akan menyediakan slot untuk menampung pena stylus sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Sabtu (6/6/2020).

Meski demikian, hal ini baru sebatas pengajuan paten semata, dan belum dapat dipastikan apakah desain tersebut akan benar-benar direalisasikan Xiaomi.

Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa Xiaomi memang benar-benar serius menggarap ponsel dengan mekanisme desain layar lipat, sesuai dengan paten yang telah diajukannya tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/06/08040027/xiaomi-bikin-ponsel-layar-lipat-mirip-huawei-mate-xs-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke