Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

GTA dan Read Dead Online Disetop 2 Jam untuk Hormati George Floyd

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi dan game terus bersimpati atas kematian George Floyd yang memantik aksi demonstrasi anti-rasisme di Amerika Serikat.

Rockstar Games, misalnya, belakangan memutuskan untuk menghentikan layanan online untuk game Grand Theft Auto (GTA) Online dan Red Dead Online selama dua jam pada pekan lalu, yakni hari Kamis pukul 14.00-16.00 zona Waktu Timur Amerika Serikat.

"Black Lives Matter. Untuk mengormati peninggalan George Floyd," kicau akun Twitter @RockstarGames, menjelaskan alasannya.

Alan Lewis, Vice President of Corporate Communications Take-Two Interactive selaku pemilik Rock Star Games, menjelaskan bahwa, selain GTA dan Red Dead Online, akses online game  NBA 2K, Dragon City dan Monster Legends turut dihentikan sementara.

"Kami berkomitmen untuk mendukung upaya pemberantasan ketidakadilan rasial dan merangkul komunitas berkulit hitam agar terhindar dari konflik yang dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat," kata Lewis.

Lebih lanjut, Rockstar Games juga mengajak para penggunanya untuk menghormati korban tindakan berbau rasisme, mendukung bisnis milik orang berkulit hitam, dan ikut berkoalisi melalui sejumlah organisasi hak sipil dan lembaga amal.

Sejumlah perusahaan teknologi juga ikut memberikan dukungan agar tindakan rasialisme tidak lagi terjadi di Amerika Serikat, termasuk Google, Twitter, dan Instagram yang menyuarakan tagar #BlackLivesMatter sebagai bentuk dukungan mereka.

Sejumlah acara besar juga ditunda untuk menghormati Floyd, seperti acara PlayStation 5 yang seharusnya digelar Sony beberapa hari lalu, hingga acara besar Fortnite yang sedianya akan digelar Epic Games.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/07/10170037/gta-dan-read-dead-online-disetop-2-jam-untuk-hormati-george-floyd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke