Salin Artikel

Ini Aksesori yang Wajib Dibawa saat Memotret dan "Vlogging" dengan Smartphone

Dengan memanfaatkan smartphone, pengguna juga kini bisa mengambil gambar dengan kualitas yang baik.

Agar hasil foto dan video semakin memuaskan, pengguna smartphone juga perlu menyiasati teknik pengambilan gambar. Salah satunya adalah dengan menggunakan aksesori tambahan.

Reviewer gadget, Dedy Irvan, mengatakan bahwa tripod adalah aksesori yang tidak boleh ketinggalan untuk digunakan dalam mengabadikan momen sehari-hari, khususnya menggunakan smartphone.

Pasalnya, tripod bisa digunakan untuk menstabilkan kamera saat ingin memotret suatu tempat yang minim cahaya.

Idealnya, saat mengambil gambar dalam kondisi low light, kamera dapat diatur dengan angka shutter speed yang rendah. Sehingga kamera membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama ketika mengambil gambar.

Tripod inilah yang berfungsi untuk tetap menstabilkan gambar saat diambil dengan shutter speed yang rendah.

"Tips pas mau motret low light, idealnya pakai nightmode dan bisa pakai tripod agar tidak tremor atau hasil foto akan goyang dan blur," tutur Dedy Irvan dalam acara Gadget Story Samsung Galaxy S20 yang disiarkan live lewat akun YouTube KompasTekno, pekan lalu.

Tak hanya tripod, Dedy juga tak pernah ketinggalan membawa power bank serta mikrofon tambahan apabila diperlukan. 

Sedikit berbeda dengan Dedy, YouTuber Putu Reza seringkali membawa aksesori tambahan selain tripod dan mikrofon.

Aksesori tersebut di antaranya adalah lampu tambahan, gimbal, hingga filter ND untuk mengambil gambar saat "vlogging".

Ia juga biasanya menggunakan lampu tambahan kecil yang bisa ditempel di badan ponsel.

Penggunaan lampu tambahan pun biasanya hanya digunakan saat pengambilan gambar di dalam ruangan atau indoor.

"Lampu buat highlight muka sih dipakai di indoor. Karena cahaya biasa hanya dari atas jadi muka gak kena cahaya," tutur Putu.

Dari semua aksesori yang sering dibawanya, Putu mengatakan bahwa tripod dan power bank adalah dua aksesori paling penting.

Berbeda dengan kedua reviewer gadget di atas, fotografer Nikko Ilham ternyata lebih memilih untuk membawa tripod dan ponsel saja saat ingin mengabadikan momen.

"Untuk perlengkapan, mungkin aku cuma bawa tripod ponsel aja, biar nggak tremor kalo misal butuh motret long exposure, yang shutter speed-nya lebih dari dua detik," jelas Nikko.

Adapun perangkat yang digunakan Nikko adalah Samsung Galaxy S20 Ultra, sehingga menurut dia, tidak perlu lampu tambahan saat ingin mengabadikan momen dalam kondisi low light.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/12/16050007/ini-aksesori-yang-wajib-dibawa-saat-memotret-dan-vlogging-dengan-smartphone

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.