Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Cerita Pembuat Foto Danau yang Bikin Ponsel Android "Crash"

KOMPAS.com - Foto pemandangan matahari terbenam di atas danau menjadi viral karena disebut bisa membuat sistem operasi di ponsel Android menjadi crash, apabila foto tersebut dipasang sebagai wallpaper.

Foto tersebut ternyata adalah karya seorang saintis sekaligus fotografer amatir, Agrawal Agrawal yang tinggal di San Diego, California, Amerika Serikat.

Agrawal mengabadikan momen tersebut saat ia dan istrinya menikmati sore hari, saat berada di Danau St. Mary, sebuah glasier di Taman Nasional Montana pada Agustus 2019 silam.

Agrawal tak menyangka hasil potretannya itu menjadi viral dan membuat banyak ponsel Android hang, saat memasangnya sebagai wallpaper.

"Saya tidak sengaja melakukan itu, saya sedih mengetahui kalau orang-orang dapat masalah karena foto saya ini," ujar Agrawal dikutip KompasTekno dari BBC Sabtu (13/11/2020).

Ia kemudian menjelaskan apa yang dilakukannya setelah mengabadikan pemandangan tersebut dengan kamera Nikon miliknya.

Ada tiga pilihan mode warna yang disediakan Lightroom, saat Agrawal hendak menyimpan file hasil editing. Mode warna yang dipilih Agrawal inilah yang kemudian membuat OS Android kebingungan, sehingga ponsel menjadi hang hingga butuh direset.

"Saya tidak akan menyimpan dalam mode warna itu lagi," kata Agrawal.

Untuk diketahui, foto hasil karya Agrawal juga pernah diterbitkan di majalah National Geographic.

Agrawal sendiri tidak pernah menggunakan foto danau itu sebagai wallpaper, ia mengaku selama ini hanya menggunakan foto istrinya sebagai wallpaper di iPhone miliknya.

Rentang warna

Perwakilan perusahaan keamanan Pen Test partner, Ken Munro dan Dave Lodge kemudian menjelaskan mengapa format foto tersebut dapat mengakibatkan glitch pada Android.

Menurut Ken Munro, karena kualitas foto digital saat ini semakin meningkat, maka ponsel perlu mengecek rentang warna yang dimiliki foto tersebut, agar bisa ditampilkan secara maksimal.

"Ponsel perlu tahu, misalnya warna hijau seperti apa yang tepat yang akan ditampilkan," kata Munro.

Yang terjadi pada foto pemandangan yang dibuat Agrawal adalah, foto tersebut memiliki rentang warna yang terlalu luas untuk bisa ditangani oleh software Android.

"Ponsel crash karena tidak tahu bagaimana menangani rentang warna (yang luas) tersebut, dan pengembang software mungkin tidak pernah mengira akan kejadian," kata Munro.

Sejumlah pabrikan ponsel kini pun sedang membuat update software, agar ponsel-ponselnya bisa menangai foto dengan rentang warna yang lebih luas lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/13/11310007/ini-cerita-pembuat-foto-danau-yang-bikin-ponsel-android-crash-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke