Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Spesifikasi Hardware PlayStation 5

KOMPAS.com - Sony baru saja menguak sosok konsol game generasi mendatang besutannya, PlayStation 5 (PS5), lewat acara yang ditayangkan secara live streaming pada Jumat (12/6/2020) dinihari waktu Indonesia barat (WIB).

Ada dua model PS5 yang diumbar Sony, yakni PS5 versi reguler dan versi digital. Pengalaman game yang ditawarkan di kedua versi PS5 tersebut sebenarnya sama.

Hanya saja, versi digital tak dibekali dengan slot optik yang biasa dipakai untuk memasukkan cakram game Blu-ray fisik. Sebagai alternatif, pengguna bisa mengunduh game versi digital melalui PS Store.

Terlepas dari perbedaan itu, spesifikasi lain di kedua model PS5 tersebut kemungkinan besar sama persis.

Dibanding pendahulunya (PS4), PS5 kini dibekali dengan sejumah peningkatan spesifikasi. Salah satu yang mencolok berasal dari komponen media penyimpanan yang kini menggunakan SSD (solid-state drive) ketimbang HDD (hard-disk drive). 

SSD sendiri, seperti diketahui, memang memiliki kecepatan write/read speed yang lebih ngebut dibanding HDD.

Bahkan, Lead System Architect of PlayStation 5, Mark Cerny, sempat mengklaim bahwa berkat SSD, PS5 hanya membutuhkan waktu 2,7 detik saja untuk memuat sebuah game.

Adapun SSD PS5 berjenis custom dan memiliki ruang penyimpanan 825 GB, serta masih bisa diperluas lagi dengan SSD tambahan.

Untuk sektor dapur pacu, PS5 dipersenjatai dengan 8 prosesor AMD Zen 2 dengan inti CPU berkecepatan 3,5 GHz, berikut RAM dengan kapasitas 16 GB (GDDR6/256-bit).

Kemampuan olah grafis PS5 sendiri mengandalkan GPU AMD yang memiliki 36 Compute Units (CU) berkecepatan 2,23 GHz dengan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops.

Tak ketinggalan, PS5 pun sudah menyertakan dukungan untuk resolusi gambar lebih tinggi, yakni hingga 8K, dibanding PS4 yang mentok pada resolusi 4K.

Kendati spesifikasinya sudah diumbar, Sony belum mau mengumbar informasi harga atau tanggal peluncuran PS5.

Perusahaan asal Jepang ini hanya mengonfirmasi bahwa konsol tersebut bakal hadir di momen liburan akhir tahun 2020, kemungkinan bulan November hingga Desember.

Nah, sembari menunggu, ada baiknya untuk menilik spesifikasi PS5 di tabel berikut, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Geekculture, Sabtu (13/6/2020).

Spesifikasi PlayStation 5 (PS5)
CPU 8 Prosesor Zen 2 @ 3,5 GHz
GPU 10,28 Teraflops, 36 CU @ 2,23 GHz (variable frequency)
RAM 16 GB GDDR6/256-bit
Bandwidth memori 448 GB/s
Memori internal Custom 825 GB SSD
Throughput I/O Raw: 5,5 GB/s
Compressed: 8-9 GB/s
Memori tambahan NVMe SSD Slot
Memori eksternal USB HDD Support
Perangkat optik 4K UHD Blu-ray Drive (versi non-digital)

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/13/17020007/ini-spesifikasi-hardware-playstation-5

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke