Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Android 11 Punya Fitur Mirip "Recycle Bin"

KOMPAS.com - Pekan lalu, Google baru saja merilis pembaruan sistem operasi Android 11 versi beta untuk pengguna ponsel Pixel.

Pada sistem operasi Android 11 ini, Google turut menghadirkan fitur baru yang akan menempatkan file di dalam folder "tempat sampah" khusus saat dihapus, sehingga bisa dipulihkan kembali apabila pengguna berubah pikiran.

Fungsi fitur tersebut mirip dengan Recycle Bin di sistem operasi Windows. Bedanya, tempat sampah Android 11 secara default tidak ditampilkan (hidden).

Aplikasi-aplikasi Android yang memiliki akses editing terhadap trash nantinya bisa memperlihatkan file yang berada di dalamnya ke pengguna. Berkas-berkas di dalam tempat sampah ini akan disimpan dan bisa di-recover selagi belum melewati batasan waktu.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (19/6/2020) Recycle Bin ala Android sebenarya sudah tersedia di Android 11 versi Developer Preview sebelumnya, tapi belakangan dimodifikasi oleh Google.

Pada Februari, seorang pengembang aplikasi bernama Yuriy Mysochenko sempat mengunggah gambar yang memperlihatkan cara kerjanya. Dalam gambar tampak bahwa Android meminta konfirmasi kepada pengguna sebelum mengirim file ke folder trash.

Ketika itu, batasan waktu penyimpanan file di dalam trash masih 7 hari, bukan 30 hari seperti pada Android 11 versi Beta.

Konsep "Recycle Bin" sendiri sebenarnya bukan barang baru di Android. Beberapa pabrikan seperti Samsung dan Huawei telah lebih dulu mengimplementasikannya untuk file foto dan video di gallery lewat UI masing-masing.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/19/10270007/android-11-punya-fitur-mirip-recycle-bin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke