Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penampakan Tubuh Bongsor PS5 dari Pabrik, Ternyata Sebesar Ini?

Beredar kabar bahwa PS5 akan bertubuh bongsor. Dugaan itu diperkuat oleh sebuah gambar bocoran yang memperlihatkan sosok sang konsol berada di tangan seseorang sehingga skala ukurannya dibanding tubuh manusia bisa terlihat jelas.

Foto tersebut menampilkan tiga orang pria berseragam biru muda yang diduga berada di lingkungan pabrik, kemungkinan fasilitas produksi PS5. Konsol PS5 berada di tangan salah seorang pria di bagian tengah frame.

Dalam foto, tampak konsol PS5 berbentuk rata karena yang menghadap kamera adalah sisi sampingnya yang berwarna putih. Tampak logo "PlayStation" di bagian pojok kiri atas seperti yang diketahui memang berada di PS5.

Ukurannya terlihat cukup besar, hampir sebidang dada pria dewasa yang menggenggamnya. Kalau benar, maka mungkin PS5 memang bakal berukuran lebih besar dari PlayStation 4 dan PlayStation 3, seperti dihimpun KompasTekno dari Tom's Guide, Minggu, (21/6/2020).

Sebelumnya, Vice President of UX Design PlayStation, Matt MacLaurin sempat mengungkap
alasan mengapa PS5 harus dirancang dengan ukuran yang besar.

Melalui kolom komentar pada sebuah posting LinkedIn, Matt mengatakan bahwa "Itu menyangkut masalah suhu. Generasi terbaru ini bisa dibilang merupakan komputer kecil," ujar Matt yang menjawab pertanyaan dari warganet.

Untuk menangani panas yang ditimbulkan internal, ukuran konsol mesti dibuat bongsor. "Meski (chip) dengan proses fabrikasi 7nm memiliki kinerja yang baik, tenaga yang dihasilkan juga cukup besar," kata Matt.

Lebih lanjut, Matt juga menyebut bahwa teknologi yang diusung PS5 sendiri memang tergolong baru. Sehingga konsol tersebut mungkin saja menghasilkan panas yang berlebih.

PS5 pun dibekali dengan sejumlah peningkatan spesifikasi. Salah satunya yaitu dari komponen media penyimpanan yang kini menggunakan SSD (Solid-State Drive). SSD sendiri diketahui memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih tinggi dibandingkan HDD di PS4.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/21/12150057/penampakan-tubuh-bongsor-ps5-dari-pabrik-ternyata-sebesar-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke