Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Google Rilis Keen, Aplikasi Pin Foto Pesaing Pinterest

KOMPAS.com - Raksasa teknologi Google baru saja merilis layanan Keen, yaitu aplikasi dengan konsep online pinboard, mirip Pinterest.

Keen sendiri dirancang oleh tim eksperimental Area 120, yakni sebuah inkubator yang berada di bawah naungan Google.

Keen merupakan aplikasi yang mengusung konsep berbagi papan pin virtual, yang memungkinkan pengguna dapat mengoleksi apa pun yang mereka sukai dari website mana pun, untuk dibagikan kepada orang lain.

Sama seperti aplikasi buatan Google lainnya, Keen mengharuskan pengguna untuk mendaftar terlebih dahulu dengan memasukkan akun Google mereka.

Setelah Log In, Google akan melacak minat dan kesukaan mereka dengan teknologi "machine learning" untuk mengumpulkan segala informasi menarik yang dapat pengguna temukan
lewat aplikasi Keen tersebut.

Dengan mengandalkan teknologi AI Google, hal ini memungkinkan "machine learning" untuk membantu pengguna saat mencari dan menemukan konten yang mereka sukai.

Aplikasi ini juga memiliki opsi untuk mengumpulkan link website yang terorganisir dalam kategori yang bisa dikreasikan oleh pengguna dengan berbasiskan gambar atau foto.

Kumpulan gambar, foto, atau link website yang disebut "pin" ini akan masuk ke sebuah "board" dengan kategori yang telah dibuat sebelumnya.

Serupa dengan Papan Grup pada Pinterest, Keen juga memungkinkan pengguna lain dapat menambahkan atau mengedit konten mereka pada pinboards yang sudah ada.

Dihimpun KompasTekno dari 9To5Google, Senin (21/6/2020), pada tampilan Keen, tab Jelajah, folder penyimpanan, dan riwayat pencarian diletakkan di bagian atas timeline.

Saat ini, Keen sudah digulirkan bagi pengguna Android maupun Desktop. Sementara, Google belum mengungkap kapan aplikasi Keen akan tersedia untuk pengguna iOS. Untuk mengunduh Keen di Play Store, kunjungi tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/22/07193387/google-rilis-keen-aplikasi-pin-foto-pesaing-pinterest

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke