Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iPhone Bisa Jadi Kunci Mobil, Bagaimana Jika Baterainya Habis?

CarKey bekerja dengan memanfaatkan teknologi NFC yang tertanam di iPhone dan beberapa mobil keluaran terbaru. Pengguna pun cukup mendekatkan iPhone ke bagian NFC yang biasanya terletak di handle untuk membuka pintu secara nirkabel.

Bagaimana kalau baterai iPhone habis? Apple rupanya menyadari adanya kekhawatiran ini dan mengatakan bahwa CarKey di iPhone akan tetap bisa digunakan walaupun perangkat kehabisan baterai sehingga tidak bisa menyala.

Ini karena ada fitur porsi daya cadangan yang disediakan khusus untuk tetap memfungsikan CarKey. Tapi daya tahannya tidak lama, hanya lima saja sehingga pengguna perlu bergegas kembali ke kendaraan apabila iPhone kehabisan baterai.

Meski demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari SlashGear, Rabu (23/6/2020), CarKey tidak bisa digunakan apabila iPhone sengaja dimatikan oleh pengguna.

Secara default, CarKey bisa langsung dipakai tanpa harus melakukan unlock iPhone. Namun, pengguna bisa mengatur agar ponsel meminta otentikasi dulu seperti melalui Face ID, Touch ID, atau passcode.

CarKey juga bisa membantu pengguna yang ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain tanpa perlu memberikan kunci fisik. Sebuah "kunci digital" CarKey bisa dibagikan ke lima orang kontak lewat iMessage. Tentu, penerimanya harus memiliki iPhone pula.

Kunci digital yang dikirimkan bisa disertai dengan pengaturan fungsi-fungsi mobil untuk orang yang akan dipinjamkan, misalnya membatasi kecepatan maksimal supaya tidak dipakai ngebut. 

Total daya mesin yang tersedia dan volume suara maksimal juga bisa diatur. Kemudian, pemilik kendaraan bisa mencabut akses Digital Key sewaktu-waktu apabila dirasa perlu.

Selain digunakan secara langsung lewat iPhone, CarKey juga dapat dipakai lewat arloji pintar Apple Watch yang terhubung ke ponsel.

Adapun model-model iPhone yang mendukung CarKey di iOS hanya yang teranyar saja, yakni iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, dan iPhone SE (2nd generation), serta Apple Watch Series 5.

Untuk penerapan awalnya, CarKey akan bisa digunakan di mobil sedan BMW Seri 5 2021.Kunci digital ini nantinya juga akan tersedia untuk mobil-mobil BMW yang dirilis setelah 1 Juli 2020 seperti seri 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, X5, X6, X7, X5M, X6M, dan Z4.

CarKey sendiri rencananya akan mulai dihadirkan di update iOS 13.6 Jadi, pengguna tak perlu menunggu kehadiran iOS 14 menjelang akhir tahun nanti.

https://tekno.kompas.com/read/2020/06/24/09010067/iphone-bisa-jadi-kunci-mobil-bagaimana-jika-baterainya-habis-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke