Salin Artikel

Aplikasi AnTuTu Diblokir Google di Android

KOMPAS.com - Nasib sial kembali menimpa aplikasi pengujian (benchmark) performa ponsel bikinan perusahaan asal China, AnTuTu.

Setelah dihapus dari gudang aplikasi Android, Play Store beberapa bulan lalu, Google kini berupaya untuk menghadang pengguna memasang (install) aplikasi tersebut di ponsel Android mereka.

Pantauan KompasTekno, Rabu (8/7/2020), halaman resmi unduhan file APK aplikasi AnTutu tampak diblokir oleh browser buatan Google, yakni Chrome.

Alasannya karena laman file.antutu.com dianggap mengandung aplikasi berbahaya yang bisa mengumpulkan data pengguna, berikut melacak lokasi mereka.

Tak hanya itu, meski file APK-nya berhasil diunduh dari beragam situs penyedia aplikasi pihak ketiga, pemasangan aplikasi itu kembali dihadang oleh Google lewat fitur pelindung ponsel Android dari aplikasi berbahaya (malware), bernama Play Protect.

Peringatan yang bakal dilihat pengguna kurang lebih sama dengan apa yang tercantum di situs tadi, yakni AnTuTu dianggap sebagai aplikasi berbahaya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidPolice, Rabu (8/7/2020), fitur Play Protect ini bakal memblokir instalasi aplikasi AnTuTu versi versi 8.3.5 ke atas, di mana aplikasi yang kami jajal sendiri sudah berada di versi 8.4.1.

Meski demikian, pengguna bisa saja mengabaikan peringatan Google ini dan tetap melanjutkan proses instalasi AnTuTu di ponsel dengan meng-klik tombol "Install anyway".

Terlepas dari itu, belum diketahui apa alasan Google berbuat demikian. Sebab, baik Google maupun AnTuTu belum memberikan keterangan resmi terkait kabar perubahaan tersebut.

Yang jelas, kabar ini agaknya membuktikan bahwa Google seakan ingin meyakinkan pengguna agar tidak memasang aplikasi tersebut, menyusul penghapusan aplikasi AnTuTu dari Play Store sekitar Maret lalu.

Kala itu, pihak AnTuTu mengonfirmasi bahwa alasan penghapusan aplikasinya dari Play Store dilatarbelakangi oleh adanya keterkaitan antara AnTuTu dengan pengembang aplikasi yang dianggap nakal oleh Google, yakni Cheetah Mobile (CM).

CM sendiri diketahui kerap melakukan pelanggaran atas kebijakan Google, seperti mengubah aplikasi browser default dari Chrome ke browser buatan mereka sendiri.

Sebagai tindakan tegas, perusaahan asal Mountain View, California, AS, itu mencabut semua aplikasi buatan Cheetah Mobile, dari toko aplikasi Play Store pada Februari lalu.

Hingga saat ini, aplikasi AnTuTu sendiri masih hilang dari Play Store. Namun, aplikasi benchmarking ini bisa ditemukan dan diunduh dengan normal lewat toko aplikasi iOS, App Store.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/08/09123447/aplikasi-antutu-diblokir-google-di-android

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.