Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Qualcomm Luncurkan Chip Snapdragon 865 Plus untuk Ponsel Gaming

KOMPAS.com - Vendor pembuat chip Qualcomm resmi mengumumkan System-on-Chip (SoC) yang ditujukan bagi ponsel gaming, yakni Snapdragon 865 Plus.

Menurut Senior Vice President dan General Manager Mobile Qualcomm, Alex Katouzian, SoC ini merupakan suksesor dari Snapdragon 865 versi standar, yang diklaim telah digunakan di 140 perangkat secara global.

“Meneruskan kesuksesan Snapdragon 865, Snapdragon 865 Plus yang baru akan memberikan performa yang ditingkatkan untuk smartphone flagship gelombang selanjutnya,” ujar Alex dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (9/7/2020).

Dibanding Snapdragon 865 reguler, chipset gaming teranyar Qualcomm ini dibekali dengan sejumlah peningkatan, dengan fokus di aspek performa.

Dari sisi kecepatan, misalnya, clockspeed prosesor (CPU) Kryo 585 Prime pada Snapdragon 865 Plus kini ditingkatkan menjadi 3,1 GHz. Sebelumnya, CPU Kryo 585 pada Snapdragon 865 versi standar memiliki kecepatan 2,84 GHz.

Tak hanya CPU, kinerja pengolah grafis (GPU) juga turut digenjot. Adreno 650 yang tersemat di Snapdragon 865 Plus kini diklaim 10 persen lebih ngebut dibanding GPU yang sama di versi standar.

Ada pula fitur Qualcomm FastConnect 6900 yang disebut ammpu mendorong kecepatan WiFi hingga 3,6 Gbps, dukungan gameplay hingga 144 fps, True 10-bit HDR gaming, serta chip modem Snapdragon X55 yang sudah mendukung konektivitas 5G.

Rencananya, smartphone yang dipersenjatai Snapdragon 865 Plus bakal mulai dipasarkan pada paruh ketiga 2020.

Hingga saat ini, baru dua vendor smartphone yang mengonfirmasi bakal memakai chipset Snapdragon 865 Plus di perangkat besutannya, yakni Lenovo dan Asus.

“Asus sangat gembira untuk sekali lagi menawarkan pengalaman mobile gaming terbaik dengan ROG Phone 3 generasi selanjutnya, yang akan ditenagai oleh Snapdragon 865 Plus,” kata General Manager Smartphone Business Unit Asus, Bryan Chang, di keterangan yang sama.

"Lenovo Legion merupakan salah satu dari yang pertama untuk menawarkan Snapdragon 865 Plus pada portofolio perangkat gaming kami yang semakin bertambah di tahun ini," tambah  Vice President Lenovo Mobile Gaming Group Emerging Markets, Jerry Tsao.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/09/07080057/qualcomm-luncurkan-chip-snapdragon-865-plus-untuk-ponsel-gaming

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke