Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intel Perkenalkan Thunderbolt 4

Intel General Manager, Client Connectivity Division, Jason Ziller, mengatakan bahwa standar teranyar ini dihadirkan demi mendorong ekosistem perangkat komputer serta aksesorinya, menjadi satu kesatuan (universal) hanya lewat port USB Type-C.

"Kehadiran Thunderbolt 4 semakin menekankan langkah Intel untuk mewujudkan ekosistem dengan solusi konektivitas yang sepenuhnya universal," ungkap Jason dalam keterangan di blog resminya.

Melihat kemampuannya, Thunderbolt 4 diklaim mampu menghubungkan dua layar dengan resolusi 4K secara bersamaan atau satu layar 8K. Di generasi sebelumnya, pengguna hanya bisa menghubungkan satu layar beresolusi 4K saja.

Lantas, bagaimana dengan kecepatan transfer datanya? Thunderbolt 4 sendiri sebenarnya memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps, serupa dengan pendahulunya.

Hanya saja, kecepatan transfer data maksimal via PCI Express (PCIe) kini ditingkatkan menjadi 32 Gbps (16 Gbps di Thunderbolt 3).

Ada pula dukungan sistem keamanan berbasis VT-d, memungkinkan interface teranyar ini mampu menangkal beragam serangan langsung yang memanfaatkan memori (direct memory access/DMA).

Selain itu, standar terbaru ini juga mendukung kabel serta aksesoris yang mengusung interface Thunderbolt 3 dan USB versi 3.1 ke atas, serta mampu mengisi baterai laptop melalui port USB Type-C dengan daya yang tak lebih dari 100 watt.

Untuk ketersediaan, komputer dan aksesori yang dibekali dengan standar Thunderbolt 4 rencananya bakal meluncur sebelum 2020 rampung, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TheVerge, Minggu (12/7/2020).

Adapun perangkat yang dipersenjatai dengan prosesor generasi ke-11 dari Intel (Tiger Lake) bakal kebagian port berstandar anyar ini untuk pertama kalinya.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/12/08000027/intel-perkenalkan-thunderbolt-4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke