Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Tablet Android yang Dilengkapi Stylus Digital

Sejumlah vendor smartphone pun saat ini juga turut menciptakan perangkat tablet yang kompatibel guna memenuhi kebutuhan segmen pasarnya.

Salah satunya Samsung. Pabrikan asal Korea Selatan itu bisa dibilang cukup giat meluncurkan perangkat tablet Android dengan dukungan pena stylus, atau yang dikenal dengan S-Pen.

S-Pen sendiri sejatinya memang dirancang untuk mendukung aktivitas kreatif seperti menggambar, menulis, bahkan difungsikan sebagai alat mengontrol layar presentasi, memberi perintah saat menonton video, dan mengambil gambar dari jarak jauh.

Tak hanya pada perangkat tablet, S-Pen juga merupakan fitur andalan Samsung yang selalu hadir di smartphone Galaxy Note Series.

Berikut adalah daftar tablet Galaxy Tab Samsung dengan S Pen yang beredar resmi di Indonesia:

1. Samsung Galaxy Tab S6

Tablet Samsung Galaxy Tab S6 yang merupakan penerus Galaxy Tab S4, mengusung layar AMOLED 10,5 inci dengan resolusi 2.560 x 1.600 piksel.

Spesifikasi layar itu serupa dengan Galaxy Tab S4 yang dirilis Agustus 2018. Kendati memiliki ukuran dan tipe layar yang sama, Galaxy Tab S6 mengusung desain bezel yang lebih tipis dari pendahulunya.

Samsung Galaxy Tab S6 juga lebih tipis, dengan ketebalan 5,7 cm, membuatnya lebih ramping dari iPad Pro.

Di balik dapur pacu, Galaxy Tab S6 dibekali chipset kelas atas, Snapdragon 855 dengan dua pilihan kombinasi RAM dan penyimpanan, yakni 6 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB.

Kapasitas penyimpanan ini juga bisa diperbesar melalui slot MicroSD hingga 1 TB.

Salah satu nilai jual utama Galaxy Tab S6 adalah stylus S-Pen, yang khas dari Samsung. Stylus ini juga dapat digunakan sebagai tombol shutter untuk mengambil foto dari jarak jauh, serupa fungsi di ponsel Galaxy Note terbaru.

2. Samsung Galaxy Tab A (2019, 8 inci)

Galaxy Tab A Plus resmi meluncur pada bulan Maret 2019 lalu. Tablet kelas menengah ini juga disebut dengan nama Galaxy Tab A 8.0 (2019)

Samsung Galaxy Tab A Plus mengusung layar seluas 8 inci dengan resolusi 1.920 x 1.200 piksel. Tablet ini juga telah mendapatkan sertifikasi IP68 sehingga tahan air dan debu.

Dasi sektor dapur pacu, tablet ini menggunakan chip Exynos 7904 yang dipadankan dengan RAM 3 GB. Sementara penyimpanannya memiliki kapasitas 32 GB yang bisa diekspansi lewat kartu MicroSD hingga 512 GB.

Fitur S-Pen pada Galaxy Tab A Plus juga menjadi daya tarik pengguna yang menginginkan tablet dengan dukungan stylus.

Galaxy Tab A Plus memiliki kamera belakang sebesar 8 Megapiksel dan kamera depan 5 Megapiksel. Tablet yang menjalankan sistem operasi Android 9 Pie ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4.200 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 11 jam.

Di Indonesia, saat ini Galaxy Tab A Plus dibanderol dengan harga Rp 4.499.000 dengan dua varian warna yaitu Black dan Gray.

3. Samsung Galaxy Tab S6 Lite

Galaxy Tab S6 Lite resmi masuk ke Indonesia pada April 2020 lalu. Meski menyandang sebagai tablet versi "murah" dari Galaxy Tab S6, namun versi Lite ini membawa beberapa peningkatan spesifikasi.

Galaxy Tab S6 Lite mengusung desain bezel-less yang tampak identik dengan Galaxy Tab S6.
Layarnya berjenis TFT dengan diagonal 10,4 inci dan resolusi 2.000 x 1.200 piksel.

S-Pen yang dihadirkan pada Galaxy Tab S6 Lite bisa digunakan untuk mencatat di aplikasi Samsung Notes, menggambar doodle di aplikasi kamera, dan lain sebagainya.

S-Pen ini juga dibekali dengan besi magnet, sehingga bisa ditempelkan di sisi kanan tablet ketika tidak digunakan.

Galaxy Tab S6 Lite ditenagai chip Exynos 9611 2,3 GHz, dipadankan dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB atau 128 GB yang bisa diperluas hingga 1 TB dengan kartu micro SD.

Tablet ini dibekali baterai berkapasitas 7.040 mAh, dengan dukung fast charging 15 watt lewat port USB Type-C.

Tak ketinggalan, Galaxy Tab S6 Lite turut dibekali dengan kamera belakang 8 Megapiksel, kamera depan 5 Megapiksel, dan sudah menjalankan sistem operasi Android 10.

Di Indonesia, harga Galaxy Tab S6 Lite dibanderol Rp 6.649.000 (4 GB/64 GB) dan Rp 7.299.000 (4 GB/128 GB).

Konsumen tentunya juga memiliki opsi Galaxy Tab S6 (non-lite), juga dilengkapi S Pen, namun dengan spesifikasi yang lebih tinggi, seperti RAM 6 GB dan penyimpanan 128 GB. Versi non-Lite ini dibanderol harga Rp 13 juta.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/17/20050077/3-tablet-android-yang-dilengkapi-stylus-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke