Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ada Karakter Nyi Roro Kidul hingga Kabayan di Game "Fantasy Town"

Fantasy Town merupakan sebuah game simulasi online, yang mengajak para pemain untuk bercocok tanam, membangun kota, bertualang, serta melawan berbagai monster.

Strategic Operations Garena Indonesia Calvindoro Chrisna mengatakan, Fantasy Town membawa unsur adat khas Indonesia untuk melestarikan budaya Nusantara melalui konten game.

Bukan hanya karakter, unsur yang kental dengan Indonesia juga dapat ditemukan di sejumlah item seperti kostum dan bangunan.

"Kami berharap, melalui game farming ini, anak-anak muda dapat lebih mengenal dan mencintai budaya asli Indonesia," kata Calvindoro melalui keterangan resmi kepada KompasTekno, Sabtu (18/7/2020).

Game ini mengisahkan tentang sebuah kota bernama Fantasy Town yang awalnya damai dan makmur. Namun, keadaan menjadi kacau ketika Troll datang menyerang dan menghancurkan kota.

Di sini pemain mempunyai misi untuk kembali membangun kota dan mengembalikan masa kejayaannya.

Di dalam game, para pemain juga akan menjumpai banyak bangunan bersejarah, seperti Monas, Museum Fatahillah, dan Lawang Sewu.

Ada pula dan deretan rumah adat Nusantara yang mencakup rumah gadang, rumah adat Papua, rumah adat NTT, hingga rumah adat Makassar.

Fantasy Town memiliki 12 tipe citizen (sebutan untuk nama karakter di dalam game). Beberapa di antaranya memiliki kategori kelas Ksatria, Penyihir, dan Prajurit. Ketiga Citizen tersebut dibekali dengan kemampuan super untuk mengalahkan monster.

Kemudian, ada delapan karakter lain yaitu Petani, Tukang Roti, Pedagang, Koki, Pengrajin, Penambang, Pandai Besi, Nelayan, dan Boneka Kayu.

Untuk memeriahkan waktu perilisan game, Garena Indonesia telah menyiapkan hadiah khusus berupa karakter Garuda. Garuda sendiri merupakan citizen berjenis Ksatria, sehingga dapat digunakan untuk mengalahkan monster.

Untuk mendapatkan karakter Garuda, pemain hanya perlu login ke dalam game selama lima hari berturut-turut.

Semua pemain yang telah melakukan pra-registrasi pada beberapa waktu lalu juga akan menerima karakter Nyi Roro Kidul, kostum Kabayan dan Iteung, Gold, dan Ruby secara gratis.

Fantasy Town sudah tersedia di Google Play Store dan dapat diunduh secara gratis. Adapun pengguna perangkat iOS harus bersabar lebih lama.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/18/07520007/ada-karakter-nyi-roro-kidul-hingga-kabayan-di-game-fantasy-town

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke