Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Spotify Punya Video Podcast, Bisa Didengarkan Sambil Buka Aplikasi Lain

Seperti namanya, fitur ini akan menampilkan konten visual dari podcast favorit, yang selama ini hanya bisa disuguhkan melalui audio. Selama ini, beberapa podcaster mengunggah versi audio di Spotify dan versi video di platform lain seperti YouTube.

Namun dengan fitur ini, mereka bisa mengunggah audio dan video di Spotify. Baik pengguna Spotify gratisan maupun premium sama-sama bisa menikmati podcast versi audio dan video. Spotify mengatakan pengguna bisa mengubah video podcast menjadi audio secara mulus.

Saat membuka aplikasi lain, konten video akan disetop, sementara konten audio (suara) akan terus diputar, sehingga pengguna bisa melakukan multitasking atau membuka aplikasi-aplikasi lain tanpa harus menyetop podcast yang tengah didengarkan.

Kelebihan ini tidak dimiliki YouTube, kecuali bagi pengguna premium. Untuk diketahui, hanya pengguna YouTube Premium yang bisa menikmati fitur PiP (picture in picture), di mana layar YouTube akan mengecil ketika pengguna melakukan multitasking.

Video podcast akan hadir di Spotify versi desktop maupun mobile. Fitur video akan menjadi komponen tambahan, bukan menggantikan audio. Itu artinya, pengguna masih bisa streaming atau mengunduh podcast audio untuk didengarkan secara offline, khusus bagi pengguna berbayar.

Fitur video podcast hadir di semua negara yang telah didukung fitur podcast di Spotify. Namun sepertinya, penyebarannya belum merata, dan belum banyak kreator yang mengunggah video podcast di Spotify.

Peluang monetisasi?

Spotify mengatakan, fitur video podcast memberikan peluang bagi podcaster untuk mempromosikan podcast-nya lebih luas. Spotify sejatinya sudah memiliki opsi video di podcast, namun kreator tidak diberikan jalan untuk mempromosikannya melalui platform yang sama.

Sehingga, mereka banyak memanfaatkan platform ketiga seperti YouTube untuk mempromosikan podcast. Apalagi bagi podcaster yang telah memiliki basis penggemar di YouTube.

Selain membantu podcaster mempromosikan podast-nya lewat video di Spotify, fitur video podcast juga menjadi ceruk baru Spotify untuk menampilkan iklan. Namun, dirangkum KompasTekno dari Tech Crunch, Rabu (22/7/2020), Spotify enggan menanggapi strategi monetisasi itu.

Spotify hanya mengatakan "ini baru tahap awal" dari fitur video. Karena masih tahap awal, baru beberapa podcaster yang mendapat fitur ini.

Di antaranya adalah Book of Basketball 2.0, Fantasy Footballers, The Misfits Podcast, H3 Podcast, The Morning Toast, Higher Learning with Van Lathan & Rachel Lindsay, dan The Rooster Teeth Podcast.

Podcast ini merupakan kombinasi konten orisinil, eksklusif, dan podcast pihak ketiga. Namun, konten video hanya bisa diunggah oleh kreator podcast. Spotify berjanji akan memperluas kemampuan fitur ini di masa yang akan datang.

Perusahaan yang berbasis di Swedia itu sempat menguji coba fitur ini sebelum akhirnya dirilis resmi. Awal tahun ini, beberapa bintang YouTube sepertu Zane Hijazi dan Heath Hussar menjadi obyek uji coba.

Dalam beberapa waktu terakhir, Spotify gencar mengakuisisi beberapa podcaster ternama yang juga memiliki konten video di platform lain. Seperti The Ringer, podcaster olahraga yang juga memiliki konten video di YouTube.

Kemudian Warner Bros yang fokus pada topik superhero DC, di mana Spotify mengatakan akan menghadirkan program baru yang orisinil. Spotify juga bekerja sama dengan selebirti Kim Kardashian West dan bintang TikTok Addison Rae.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/22/12050077/spotify-punya-video-podcast-bisa-didengarkan-sambil-buka-aplikasi-lain

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke