Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Diserang Ransomware, Garmin Setop Sementara Layanan GPS

Penghentian tersebut diduga dilakukan akibat adanya serangan ransomware baru bernama "WastedLocker", yang telah melumpuhkan seluruh sistem Garmin, termasuk layanan fitness tracker, flyGarmin, dan aplikasi Garmin Pilot.

Ransomware merupakan program berbahaya (malware) yang dapat mengenkripsi file dan mengunci data-data milik pengguna. Untuk membuka enkripsi, pelaku biasanya meminta tebusan lebih dahulu.

WastedLocker diklaim sebagai salah satu jenis ransomware yang cerdas, lantaran disebut mampu mengelabui aneka program perlindungan terhadap malware (anti-malware) yang diterobosnya.

Untuk bisa terbebas dari program berbahaya tersebut, sang peretas meminta uang tebusan berkisar 500.000 dollar AS (Rp 7,3 miliar) hingga 1 juta dollar AS (Rp 14,6 miliar) kepada pihak Garmin.

Saat ini, Garmin masih menutup seluruh layanan pelacakan GPS-nya, dan tengah melakukan pemeliharaan sistem (maintenance) hingga beberapa hari ke depan. Hal ini guna mengatasi serangan malware tersebut.

Sejalan dengan penutupan layanan, Garmin telah menon-aktifkan sementara situs web resminya, diikuti dengan penutupan sinkronisasi data pada pengguna layanan Garmin Connect.

Akibatnya, para pengguna tidak dapat membagikan aktivitas olahraga mereka, misalnya berlari atau bersepeda, ke rekan-rekan mereka lewat sejumlah platform terkait, seperti Strava.

Strava sendiri merupakan aplikasi Android dan iOS yang bisa disinkronkan dengan beragam perangkat smartwatch, salah satunya aneka produk buatan Garmin.

Perusahaan bahkan turut menutup layanan database penerbangan (flyGarmin) serta sejumlah lini produksinya yang tersebar di wilayah Asia.

Melalui akun Twitter resminya, Garmin menyatakan bahwa penutupan layanan turut memblokir akses panggilan telepon, e-mail, dan obrolan yang dikirim secara online oleh para pengguna.

Tak hanya memengaruhi pengguna smartwatch secara khusus, para pilot yang juga tidak dapat mengakses layanan flyGarmin dan aplikasi Garmin Pilot.

Dirangkum KompasTekno dari ZDNet, Sabtu (25/7/2020), flyGarmin adalah salah satu layanan web Garmin yang mendukung peralatan navigasi penerbangan.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/25/14030027/diserang-ransomware-garmin-setop-sementara-layanan-gps

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke