Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jumlah Penonton Twitch Melonjak di Tengah Pandemi Covid-19

Pasalnya, pada periode April hingga Juni, atau kuartal kedua (Q2) 2020, pengguna Twitch tercatat telah menonton selama 5 miliar jam konten di platform tersebut.

Hal tersebut diketahui dari laporan yang dirilis oleh dua firma riset industri game, StreamElements dan Arsenal.gg.

Angka tersebut, menurut pihak StreamElements, sejatinya meningkat sebanyak 56 persen dibanding kuartal sebelumnya. 

Akumulasi jumlah tontonan (hours watched) mencapai puncaknya di bulan April, di mana pengguna menghabiskan sekitar 1,8 miliar jam untuk menyaksikan beragam konten di Twitch.

Angka tersebut tersebut meningkat sekitar 60 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Kala itu, data hours watched tercatat mencapai 939 juta jam.

Menurut pihak StreamElements, penigkatan ini disebabkan oleh kebiasaan pengguna yang berubah di tengah pandemi.

Di saat-saat seperti ini, tak sedikit dari mereka yang terjebak di rumah dan mencari alternatif hiburan online, termasuk menyaksikan tayangan live streaming di Twitch.

"Dengan banyak orang terjebak di rumah (akibat pandemi), fokus mereka hanya terpaku pada hiburan online, baik yang menonton maupun mereka yang menyediakan konten," kata Chase, Head of Communications for StreamElements and Global Emote Twitch.

Selain Twitch, StreamElements dan Arsenal.gg juga melaporkan bahwa platform Facebook Gaming turut diserbu oleh pengguna di tengah pandemi.

Bahkan, dibanding Q1, peningkatan viewership Facebook Gaming pada Q2 mencapai 75 persen. Meski demikian, angka jumlah tontonannya masih lebih sedikit dibanding dengan Twitch. 

Dirangkum KompasTekno dari StreamElements, Senin (27/7/2020) ada kemungkinan angka tontonan tersebut bakal bertambah seiring berjalannya waktu, dan bisa jadi melampaui Twitch.

Sebab, belum lama ini platform streaming game besutan Microsoft, Mixer, telah bergabung dengan Facebook Gaming.

Artinya, pengguna, serta para konten kreator, yang selama ini mengandalkan Mixer terpaksa harus beralih ke Facebook Gaming atau memilih platform lain.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/27/07000017/jumlah-penonton-twitch-melonjak-di-tengah-pandemi-covid-19

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke