Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dioprek, Game "Doom" dan Windows 95 Bisa Dijalankan di Minecraft

Caranya adalah dengan menggunakan mod baru bernama VM Computers. Mod inilah yang memungkinkan pemain membuat komputer virtual di dalam game.

Pemain bisa memesan komponen hardware dari satelit yang mengorbit suatu dunia di Minecraft, kemudian membangun komputer yang benar-benar bisa menjalankan Windows 95 dan sejumlah sistem operasi lain.

Mod VM Computers menggunakan perangkat lunak virtual machine bernama VirtualBox untuk membuat PC virtual di dalam Minecraft. Pemain tinggal membuat hard drive virtual di PC ini untuk memasang OS dari file ISO.

Selain WIndows 95, game Doom juga bisa dimainkan di dalam Minecraft dengan teknik serupa. Tentu saja, memainkannya agak sulit karena mesti memandang layar komputer virtual di dalam layar game Minecraft.

Tapi, paling tidak ini menunjukkan betapa tenaga komputasi PC telah meningkat jauh dalam beberapa dekade terakhir.

Ketika pertama kali dirilis pada 1993, Doom menguras seluruh sumber daya komputer. Kini game itu hanya menyita sedikit resource dan bahkan bisa dijalankan di dalam game lain.

Bagaimana dengan menjalankan game Minecraft di dalam Minecraft ala film Inception? Itu pun sudah bisa dilakukan, seperti yang ditunjukkan dalam video YouTube di tautan berikut.

Doom dan Windows 95 sendiri memang dua software lawas yang sering menjadi obyek eksperimen pengoprek gadget.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (27/7/2020) Windows 95 pernah berhasil dibuat berjalan di Xbox One dan Apple Watch.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/27/16330037/dioprek-game-doom-dan-windows-95-bisa-dijalankan-di-minecraft

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke