Salin Artikel

Dioprek, Game "Doom" dan Windows 95 Bisa Dijalankan di Minecraft

Caranya adalah dengan menggunakan mod baru bernama VM Computers. Mod inilah yang memungkinkan pemain membuat komputer virtual di dalam game.

Pemain bisa memesan komponen hardware dari satelit yang mengorbit suatu dunia di Minecraft, kemudian membangun komputer yang benar-benar bisa menjalankan Windows 95 dan sejumlah sistem operasi lain.

Mod VM Computers menggunakan perangkat lunak virtual machine bernama VirtualBox untuk membuat PC virtual di dalam Minecraft. Pemain tinggal membuat hard drive virtual di PC ini untuk memasang OS dari file ISO.

Selain WIndows 95, game Doom juga bisa dimainkan di dalam Minecraft dengan teknik serupa. Tentu saja, memainkannya agak sulit karena mesti memandang layar komputer virtual di dalam layar game Minecraft.

Tapi, paling tidak ini menunjukkan betapa tenaga komputasi PC telah meningkat jauh dalam beberapa dekade terakhir.

Ketika pertama kali dirilis pada 1993, Doom menguras seluruh sumber daya komputer. Kini game itu hanya menyita sedikit resource dan bahkan bisa dijalankan di dalam game lain.

Bagaimana dengan menjalankan game Minecraft di dalam Minecraft ala film Inception? Itu pun sudah bisa dilakukan, seperti yang ditunjukkan dalam video YouTube di tautan berikut.

Doom dan Windows 95 sendiri memang dua software lawas yang sering menjadi obyek eksperimen pengoprek gadget.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (27/7/2020) Windows 95 pernah berhasil dibuat berjalan di Xbox One dan Apple Watch.

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/27/16330037/dioprek-game-doom-dan-windows-95-bisa-dijalankan-di-minecraft

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.